Gianluigi Donnarumma Pahlawan Adu Penalti, Italia Juara Piala Eropa 2020

Penulis: Rei Darius
Senin 12 Jul 2021, 05:29 WIB
Italia sukses juarai Piala Eropa 2020.

Italia juarai Piala Eropa 2020 (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Italia sukses meraih gelar juara Piala Eropa 2020, setelah mengalahkan Inggris lewat adu penalti di Wembley Stadium, Senin (12/7) dini hari WIB.

Tuan rumah telah berhasil mencetak gol ketika laga baru berjalan dua menit. Memanfaatkan serangan balik, Kieran Trippier mengirim umpan silang dari sayap kanan ke Luke Shaw, yang dengan mudahnya melepaskan tembakan dengan kaki kirinya.

Kondisi makin mengkhawatirkan bagi tim tamu, lantaran Jorginho mengeluhkan kesakitan. Namun setelah mendapatkan perawatan selama beberapa menit di pinggir lapangan, sang gelandang Chelsea sanggup untuk tetap bermain.

Keunggulan satu gol membuat Inggris membiarkan Italia menguasai bola, namun tidak ada ancaman yang benar-benar merepotkan bagi kiper Jordan Pickford.

Namun peluang nyata tiba untuk Italia ketika Federico Chiesa merebut bola di tengah lapangan dan berlari ke dekat kotak penalti. Ia kemudian melepaskan sebuah tembakan keras melalui kaki kirinya, namun bola masih sedikit melebar.

Di pengujung babak pertama, umpan silang Giovanni Di Lorenzo berhasil disambut oleh Ciro Immobile, namun tembakannya membentur John Stones, selagi percobaan berikutnya oleh Marco Verratti masih terlalu mudah dihentikan oleh Pickford.

Di awal babak kedua, Raheem Sterling berhasil menggiring bola ke kotak penalti. Ia terjatuh namun wasit mengabaikan permintaan para pemain The Three Lions untuk mendapatkan penalti.

Sedangkan di sisi lain lapangan, peluang emas menghampiri Azzurri ketika Insigne dijatuhkan di dekat korak penalti. Gawang berada tepat di hadapannya, namun tembakan sang penyerang Napoli masih sedikit melebar.

Chiesa kembali menebar ancaman di kotak penalti. Pergerakannya yang berbahaya di kotak penalti menuju ke pojok bawah gawang, namun Pickford berhasil mencegah bola masuk ke gawangnya.

Ancaman berbalik ketika tuan rumah mendapatkan sepak pojok, dan John Stones berhasil menanduk bola. Beruntung bagi tim tamu, bola masih sedikit terbang di atas gawang Gianluigi Donnarumma.

Italia akhirnya sukses mencetak gol penyeimbang pada menit ke-67, ketika umpan sepak pojok Domenico Berardi ditanduk oleh Verratti. Bola terpantul kembali karena mengenai tiang gawang, namun Leonardo Bonucci berhasil memaksimalkan bola liar di muka gawang.

Bonucci hampir menciptakan assist enam menit kemudian ketika umpan jauhnya sampai di kotak penalti. Berardi sukses menjangkaunya, namun bola tidak terkontrol dan terbang ke arah tribun.

Chiesa, yang telah menjadi pemain terbaik di lapangan untuk Azzurri, terpaksa harus ditarik keluar pada menit ke-86, setelah mengalami cedera, dan Federico Bernardeschi, rekan setimnya di Juventus, masuk menggantikannya.

Laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu dan Kalvin Phillips memberi ancaman lewat tembakannya dari luar kotak penalti setelah mendapatkan bola muntah dari situasi sepak pojok.

Emerson Palmieri menciptakan ancaman berbahaya ketika mengirim bola ke muka gawang. Namun Bernardeschi gagal menyambutnya, dan bola mengenai Pickford sebelum akhirnya keluar lapangan.

Kedua tim gagal mencetak gol kemenangan dan pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti lagi. Penendang pertama dari masing-masing tim mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, namun Andrea Belotti gagal menaklukkan Pickford. Berikutnya, giliran Marcus Rashford yang menendang ke tiang gawang.

Harapan untuk menjadi juara membuncah untuk Italia setelah Donnarumma menggagalkan tembakan Jadon Sancho, namun Jorginho gagal mengunci kemenangan karena tembakannya ditebak oleh Pickford.

Donnarumma berhadapan dengan Bukayo Saka pada penalti terakhir, dan tembakan sang pemain Arsenal terlalu mudah untuk ditebak oleh calon kiper Paris Saint-Germain tersebut.

Italia pun berhasil meraih gelar juara Piala Eropa keduanya sepanjang sejarah, dan Inggris masih perlu menunggu untuk mengakhiri paceklik gelarnya sejak tahun 1966.

Hasil pertandingan Final Piala Eropa 2020

Italia 1-1 Inggris (3-2 adu penalti) — (Leonardo Bonucci 67'; Luke Shaw 2')

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson (Florenzi 118'); Barella (Cristante 54'), Jorginho, Verratti (Locatelli 96'); Chiesa (Bernardeschi 86'), Immobile (Berardi 54'), Insigne (Belotti 91').

Inggris (3-4-2-1): Pickford; Walker (Sancho 120'), Stones, Maguire; Trippier (Saka 70'), K. Phillips, Rice (J. Henderson 74') (Rashford 120'), Shaw; Sterling, Mount (Grealish 99'); Kane.

Artikel Tag: Italia, Inggris, Piala Eropa 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gianluigi-donnarumma-pahlawan-adu-penalti-italia-juara-piala-eropa-2020
573  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini