Firman Utina Belum Putuskan Masa Depannya

Penulis: Dhimas
Senin 07 Des 2015, 18:42 WIB
Firman Utina Belum Putuskan Masa Depannya

Firman Utina Tinggalkan Persib

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Beberapa hari yang lalu, salah satu gelandang senior Indonesia, Firman Utina, telah memutuskan untuk mundur dari klub Persi Bandung. Keluarnya Firman Utina dari Maung Bandung tersebut tidak lain, karena masalah internal yang tengah melanda skuad Persib saat ini.

Mundurnya kapten kedua Persib itu juga mengejutkan banyak pihak, pasalnya pemain asal Manado tersebut kerap kali menyatakan ingin mengakhiri karirnya sebagai pemain dengan berkostum Persib. Apalagi Firman Utina juga merupakan pemain yang membawa kembali kejayaan Persib, termasuk saat juara Indonesia Super League 2014 lalu.

 

Meski telah memutuskan untuk meninggalkan klub kebangaan Bobotoh-Viking, namun ternyata mantan pemain Arema ini belum mengetahui rencana ke depannya. Menurut Firman Utina, saat ini dirinya ingin fokus dalam mengurus keluarga dan bisnisnya.

 

Firman Utina juga ingin istirahat dulu dari dunia sepak bola nasional, yang juga belum bebas dari konflik antara PSS dan Kemenpora. Jadwal Firman Utina sendiri begitu padat dalam dua bulan terakhir. Meski tak ada kompetisi resmi, namun Firman Utina masih membelas Persib dalam beberapa turnamen yang diikutinya, termasuk saat mengantarkan Persib juara Piala Presiden lalu. Selain itu, playmaker Timnas Indonesia ini juga sempat  membela dua klub tarkam di dua kota, yaitu di Makassar dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

Pemain bernomor  punggung 15 ini juga mengaku bingung untuk melangkah ke depan di tengah situasi sepak bola Indonesia yang masih kacau. Sebelum Indonesia mendapatkan sanksi dari FIFA, Firman Utina sudah  berencana mengikuti kursus lisensi pelatih AFC. Namun program kursus yang sudah dirancang itu, terpaksa berhenti karena status Indonesia yang tengah mendapat hukuman.

 

 “Baru pada bulan Februari 2015 saya sudah bulat mau kursus lisensi, tapi malah Indonesia kena sanksi. Saya tidak tahu kapan kisruh ini akan berakhir. Jadi, soal kerugian pemain tak hanya kehilangan pekerjaan pasti, tapi juga rencana jadi pelatih terkendala,” ujar Firman Utina, seperti dilansir Bola.com.

 

"Mungkin saya akan belajar melatih secara otodidak atau dari buku, sambil menunggu kursus pelatih dibuka kembali. Kalau soal karier jadi pemain, sampai saat ini saya belum ingin pensiun," sambungnya.

 

Selepas dirinya memutuskan hengkang dari Persib Bandung, Firman Utina dikabarkan akan bergabung dengan Pusamania Borneo FC, atau klub lamanya, Sriwijaya FC.

Artikel Tag: Piala Jenderal Sudirman, persib bandung, Firman Utina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/firman-utina-belum-putuskan-masa-depannya
1263  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini