Ferran Soriano: Pemilik Man City Bukan Hanya Orang Arab!

Penulis: Demos Why
Kamis 26 Mei 2022, 08:09 WIB
CEO Manchester City, Ferran Soriano.

Ferran Soriano. (Foto: Alex Livesey)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepakbola: CEO Manchester City, Ferran Soriano, memberikan tanggapan terkait tudingan yang menyebut The Cityzens dikusai dan dikontrol oleh pemerintah Uni Emirat Arab. Soriano menegaskan bahwa City bukan klub milik negara dan ada dua investor lainnya yang ikut terlibat.

Bukan rahasia lagi bahwa sejak diakuisisi oleh taipan asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pada tahun 2008 yang lalu, Manchester City langsung menjadi klub sultan di Premier League. The Cityzens berhasil mendatangkan sederet bintang top ke Etihad Stadium yang membuat mereka berhasil mendominasi sepak bola Inggris dalam beberapa musim terakhir.

Keberhasilan Man City dengan mendatangkan sederet pemain bintang membuat beberapa pihak tidak senang. Bahkan ada pula yang menyebut keberhasilan City karena keterlibatan pemerintah Uni Emirat Arab yang membuat mereka memiliki dana yang tak terbatas untuk melakukan belanja pemain.

Namun Ferran Soriano membantah tudingan tersebut. Soriano memastikan bahwa Man City bukanlah klub yang dikelola oleh negara. Soriano menegaskan bahwa City juga memiliki dua investor lainnya yang berasal dari Amerika Serikat dan China. Rinciannya, 78% saham dikuasai oleh Abu Dhabi United Group, 10% lainnya dikuasai oleh Silver Lake [Amerika Serikat] dan 12 persen lainnya dimiliki oleh perusahaan China China Media Capital dan CITIC Capital.

"Kami bukan klub negara, kami adalah klub yang dimiliki oleh tiga pemegang saham yang mencari keuntungan," ujar Soriano seperti dilansir dari Goal International.

Terkait tudingan Man City yang disebut lebih boros ketimbang tim Inggris lainnya, Soriano juga memberikan bantahannya. Soriano menyebut ada klub lain yang lebih royal dalam hal belanja pemain, contohnya seperti Manchester United.

"Kami tidak punya uang lebih banyak dari klub lainnya. Lihat saja berapa banyak uang yang dihabiskan Manchester United dalam beberapa tahun terakhir dan Anda akan melihat bahwa mereka telah menghabiskan lebih banyak," pungkasnya.

Artikel Tag: Ferran Soriano, Manchester City

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ferran-soriano-pemilik-man-city-bukan-hanya-orang-arab
1913  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini