Ferguson Jelaskan Alasan Utama Kegagalan Mourinho di Manchester United

Penulis: Vina Enza
Rabu 02 Des 2020, 18:11 WIB
Ferguson dan Mourinho

Sir Alex Ferguson jelaskan kekagalan Mourinho di Manchester United (foto:getty)

Berita Liga Inggris: Sir Alex Ferguson menjelaskan alasan utama kegagalan Jose Mourinho di Manchester United yang membuatnya dipecat dan hal tersebut juga menimpa beberapa manajer lainnya melalui bukunya yang dirilis tiga tahun sebelum The Special One meninggalkan Old Trafford.

Melalui buku yang berjudul ‘Leading’ diterbitkan pada 2015 lalu, Sir Alex Ferguson menjelaskan alasan mengapa kegagalan para manajer secara umum dalam menangani sebuah klub. Dengan pengalamannya melatih selama 39 tahun dan 27 tahun di antaranya di Manchester United, di mana ia mempersembahkan banyak gelar tentunya ia telah banyak melihat dan juga mengalaminya

Dua tahun setelah ia pensiun, Pria Skotlandia tersebut merilis bukunya yang berjudul Leading yang memberikan sebuah wawasan luar biasa darinya. Salah satu bagiannya membahas mengenai apa artinya menjadi seorang bos papan atas dan alasan mengapa segala sesuatunya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Ia merangkumnya dengan menjelaskan bahwa kekuatan terbesar dari seorang manajer adalah dukungan dari di kamar gantinya karena tanpa hal itu maka para pemain tidak akan berjuang untuk anda.

“Ada ungkapan dalam sepak bola tentang para pemain ‘yang tidak bermain untuk manajer’, yang telah saya melihatnya terjadi beribu kali,”ujar Sir Alex seperti dikutip The Mirror.

“Saat hal tersebut terjadi, maka manajer seperti mati, karena ia telah gagal dalam menjalankan tugas utamanya, yakni memotivasi para pemain untuk mengikutinya.”

David Moyes yang menggantikan Ferguson sebelum Louis van Gaal dan selanjutnya pemenang Premier League bersama Chelsea, Jose Mourinho, manajer asal Portugal tersebut direkrut untuk mengembalikan kejayaan United.

Dan Mourinho sukses melakukannya dalam beberapa hal, salah satunya ia membawa mereka meraih trofi Liga Europa untuk kali pertama pada 2017 sebelum finis kedua di EPL musim berikutnya. Ferguson, menurut eks bintang United, Dwight Yorke bahkan mendukung The Special One untuk membuat Setan Merah bergerak menuju arah yang tepat dengan gaya bermainnya.

Akan tetapi menjelang berakhirnya era kepelatihan Mourinho segalanya berubah menjadi sangat buruk, saat itu pria yang saat ini menjadi bos Tottenham kehilangan kepercayaan dari kamar ganti karena perselisihannya dengan Paul Pogba dan Luke Shaw terkuak ke publik.

Dan hal tersebut berdasarkan komentar Ferguson di 2015 membuat United mengalami kekacauan dan tidak lama kemudian para petinggi Setan Merah memutuskan untuk memecat Mourinho dan digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Artikel Tag: Ferguson, Jose Mourinho, Manchester United

7184  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini