Fakta-fakta Menarik Sebelum Laga Borussia Dortmund vs Bayer Leverkusen

Penulis: Ezi Yulia
Sabtu 20 Apr 2024, 06:00 WIB
Borussia Dortmund vs Bayer Leverkusen

Borussia Dortmund vs Bayer Leverkusen (Foto: espn.com)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Borussia Dortmund akan menjamu Bayer Leverkusen di Signal Iduna Park pada Minggu (21/4), sebuah laga yang krusial bagi tuan rumah, namun sudah tidak menentukan bagi tim tamu.

Borussia Dortmund akan menghadapi tim yang sudah memastikan gelar juara Bundesliga, Bayer Leverkusen, di pekan ke-29. Oleh karena itu, tim asuhan Edin Terzic ini memiliki peluang untuk menjadi klub pertama yang dapat mengakhiri catatan tak terkalahkan lawannya itu musim ini.

Berikut fakta-fakta menarik jelang laga kedua tim seperti dirangkum laman Borussia Dortmund.

Laga ini mempertemukan tim peringkat kelima melawan tim peringkat pertama. Bayer Leverkusen telah memastikan diri menjuarai Bundesliga sejak akhir pekan lalu, sementara BVB masih bersaing dengan Leipzig untuk memperebutkan tempat keempat untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Borussia telah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan kandang terakhir mereka melawan Bayer.

BVB telah kehilangan poin dalam enam dari 14 pertandingan kandang Bundesliga hingga saat ini dan juga telah mencetak lebih sedikit gol dibandingkan dengan periode yang sama pada musim lalu (27 gol berbanding 42 gol). Sementara, The Werkself telah memenangkan 12 dari 14 pertandingan tandang mereka dan tujuh pertandingan terakhir secara beruntun.

Dortmund telah memenangkan lima dari enam pertandingan kompetitif terakhir mereka, namun kini telah bermain imbang lebih banyak (delapan kali) dibandingkan dengan keseluruhan musim lalu (lima kali). Sementara, Leverkusen masih belum terkalahkan musim ini. Kekalahan terakhir mereka adalah dengan skor 3-0 di Bochum pada 27 Mei 2023, di pekan ke-34 musim 2022/23.

Hingga musim 2021/22, Dortmund telah mengklaim enam kemenangan kandang berturut-turut melawan Bayer dan selalu mencetak setidaknya tiga gol (3-0, 6-2, 4-0, 3-2, 4-0, dan 3-1). Itu kemudian diikuti dengan satu kekalahan 5-2 dan satu kemenangan 1-0. Sedangkan, Bayer hanya meraih satu poin secara total dari tiga pertandingan Bundesliga terakhir mereka melawan Borussia. BVB memiliki catatan tidak pernah kalah dalam pertandingan kandang melawan Leverkusen jika unggul lebih dulu.

Kemenangan terbesar BVB atas Leverkusen terjadi pada 4 Maret 2017 dengan skor 6-2, berkat gol-gol dari Ousmane Dembélé (6), Pierre-Emerick Aubameyang (26,70), Christian Pulisic (77), André Schürrle (pen. 85) dan Raphael Guerreiro (90+2). Sedangkan, Kevin Volland dan Wendell mencetak gol untuk Bayer.

Artikel Tag: Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/fakta-fakta-menarik-sebelum-laga-borussia-dortmund-vs-bayer-leverkusen
2009  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini