Eks Pelatih Timnas Spanyol Tak Kaget dengan Pemecatan Valverde

Penulis: Rheza Hendrian
Jumat 17 Jan 2020, 11:23 WIB
Eks Pelatih Timnas Spanyol Tak Kaget dengan Pemecatan Valverde

Robert Moreno / via EPA

Berita Liga Spanyol: Mantan manajer timnas Spanyol yang kini menukangi AS Monaco yakni Robert Moreno, mengaku tak terkejut dengan pemecatan yang menimpa Ernesto Valverde di Barcelona.

Pemecatan Valverde menjadi headline yang menarik dalam beberapa hari terakhir ini. Eks pelatih Athletic Bilbao itu dicopot setelah dicap gagal membawa Blaugrana berprestasi di Eropa dan tempatnya langsung digantikan oleh Quique Setien yang diikat dengan durasi kontrak 2,5 musim.

Terkait pencopotan Valverde, Moreno yang pada beberapa bulan lalu juga dipecat dari kursi kepelatihan Spanyol mengungkapkan bahwa apa yang terjadi pada Valverde membuktikan bahwa kesuksesan bukanlah menjadi tolak ukur bagi setiap pelatih untuk memiliki masa kerja yang panjang di sebuah tim.

"Saya tak lagi terkejut dengan apa yang terjadi di sepakbola setelah pemecatan yang menimpa saya," ujar Moreno seperti dikutip dari El Mundo Deportivo.

"Saya tahu siapa Valverde dan apa yang terjadi padanya sungguh tidak baik. Saya menaruh hormat kepadanya karena dia adalah pelatih yang hebat."

Statistik Valverde di Barcelona sebenarnya tidak jelek-jelek amat. Dari 145 kali pertandingan yang dilaluinya, ia sukses menorehkan 97 kemenangan, 32 kali hasil imbang dan hanya menderita 16 kekalahan.

Sayangnya kekalahan-kekalahan yang Valverde derita tersebut terjadi di sejumlah pertandingan penting.

Pada musim 208/19 kemarin misalnya, Barcelona asuhan Valverde harus kalah 1-2 di final Copa del Rey melawan Valencia plus keok secara tragis dari Liverpool di babak semifinal Liga Champions.

Artikel Tag: Robert Moreno, Barcelona, Ernesto Valverde, La Liga

672  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini