Drama Sengketa Kontrak Lionel Messi dengan Barcelona Berlanjut

Penulis: Rei Darius
Jumat 04 Sep 2020, 21:00 WIB
Drama Sengketa Kontrak Lionel Messi dengan Barcelona Berlanjut

Kontrak Lionel Messi masih diperdebatkan (Image: Getty)

Berita Transfer: Ayah sekaligus agen Lionel Messi, Jorge Messi, membantah klaim La Liga bahwa klausul rilis bernilai 700 juta euro (12 triliun rupiah) dalam kontrak anaknya bersama Barcelona masih valid. 

Sang mega bintang asal Argentina telah menjadi buah bibir utama di kalangan penikmat sepak bola seluruh dunia belakangan ini, setelah memutuskan untuk meninggalkan klub pada bursa transfer musim panas ini.

Messi ingin meninggalkan Camp Nou dengan gratis, sebagaimana yang tertera dalam klausul kontraknya yang ditandatangani pada tahun 2017 lalu dan akan segera kadaluarsa pada musim panas 2021 mendatang.

Namun demikian, Barcelona berpendapat bahwa opsi tersebut sudah kadaluarsa sejak Juni lalu, dan klausul rilis bernilai 700 juta euro (12 triliun rupiah) masih menjadi jalan satu-satunya untuk melepaskan Messi dari ikatan Barcelona musim panas ini.

Klaim tersebut didukung oleh La Liga, namun Jorge Messi merilis pernyataan melalui surat terbuka kepada presiden La Liga, Javier Tebas, pada hari Jumat (4/9) ini yang membantah klaim tersebut.

"Kami tidak tahu kontrak mana yang dianalisa oleh La Liga, dan atas dasar apa mereka menyimpulkan bahwa 'klausul pemutusan' tidak lagi berlaku jika pemain mendesak pemutusan secara sepihak segera setelah musim kompetisi 2019/2020 usai," bunyi pernyataan tersebut, dikutip dari Goal.

Sengketa dalam kontrak Messi selama ini memang perihal pemahaman harfiah oleh pihak Barcelona dan kontekstual oleh pihak sang penyerang berusia 33 tahun.

Jika mengacu kepada musim normal, memang bulan Juni merupakan saat-saat ketika musim kompetisi baru usai. Namun karena musim sempat ditangguhkan akibat pandemi virus corona, maka itu baru selesai beberapa pekan lalu di bulan Agustus, dan karena itu, pihak Messi berpendapat bahwa opsi meninggalkan Barcelona secara gratis seharusnya masih bisa diaktifkan saat ini.

"Sebagaimana dinyatakan dalam klausul kontrak yang ditandatangani oleh klub dan pemain: 'Kompensasi ini tidak akan berlaku ketika pemutusan kontrak secara sepihak diputuskan oleh sang pemain seketika setelah musim kompetisi 2019/2020 usai,'" lanjut keterangan tersebut.

"Tanpa praduga kepada hak-hak lain yang disertakan dalam kontrak dan diabaikan oleh La Liga, sudah jelas bahwa kompensasi senilai 700 juta euro sama sekali tidak berlaku."

Klaim tersebut kemudian langsung dibalas oleh pihak La Liga, dengan menekankan bahwa klausul rilis bernilai 700 juta euro tersebut masih valid, dan menganggap bahwa pihak Messi telah salah mengartikan maksud dalam klausul kontrak tersebut.

Artikel Tag: Lionel Messi, Barcelona, La Liga, Jorge Messi

611  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini