Don Garber Sebut Lionel Messi Hadirkan 'Tahun Penuh Perubahan' Bagi MLS

Penulis: Ezi Yulia
Minggu 10 Des 2023, 06:30 WIB
Lionel Messi

Lionel Messi (Foto: mlssoccer.com)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Amerika Serikat: Komisioner MLS Don Garber mengatakan 2023 telah menjadi "tahun yang penuh perubahan bagi liga kami," seraya memuji kemitraan media dengan Apple, rekor jumlah penonton, dan kedatangan Lionel Messi ke Inter Miami.

Berbicara kepada wartawan dalam pidato tahunan MLS pada Jumat (8/12), Garber mengatakan MLS mencetak rekor jumlah penonton yang mencapai hampir 11 juta orang dan mencapai titik tertinggi baru untuk keterlibatan (engagement) digital dan media sosial serta penjualan merchandise.

Tanpa menyertakan metrik yang spesifik, Garber mengutip CEO Apple Tim Cook yang mengatakan dalam sebuah panggilan telepon baru-baru ini bahwa perusahaan tersebut telah melampaui ekspektasi untuk jumlah pelanggan (subcriber).

Dia juga merujuk pada komentar Wakil Presiden Senior Bagian Layanan Apple Eddy Cue bahwa beberapa pertandingan telah menarik lebih dari 1 juta penonton. Garber menambahkan bahwa ini masih merupakan tahapan awal bagi kemitraan mereka.

"Yang menjadi fokus kami adalah jumlah langganan yang kami jual, jumlah waktu yang dihabiskan oleh orang-orang yang menonton pertandingan-pertandingan tersebut di depan dan di belakang paywall untuk menonton siaran kami," ujar Garber.

Tentang kedatangan Lionel Messi pada Juli, superstar Argentina ini memberikan sentakan kegembiraan bagi liga dan memacu minat terhadap Piala Liga, turnamen tengah musim yang melibatkan setiap tim dari MLS dan Liga MX.

"Dampak besar keputusannya untuk bergabung dengan MLS tidak dapat dilebih-lebihkan. Dia bermain di liga kami. Kami kini bukan hanya menjadi bagian dari perbincangan olahraga global, tetapi salah satu kisah terbesar di dunia dan tentu saja salah satu kisah terbesar di musim panas ini," kata Garber.

"Mata dunia kini tertuju pada Major League Soccer karena pemain terbaik yang pernah memainkan permainan ini ada di sini dan dia berhasil," imbuhnya.

Garber kemudian ditanya tentang bagaimana liga bersiap dengan kepergian Messi setelah musim 2025 ketika kontraknya berakhir, dan memaksimalkan kehadiran kapten timnas Argentina itu di MLS.

Menurutnya, liga perlu meningkatkan belanjanya dan mengubah aturan daftar pemain untuk memungkinkan lebih banyak pemain bintang mengikuti jejak Messi ke MLS. Garber mengindikasikan bahwa saat ini "belum ada rencana" untuk mengizinkan tim mengontrak pemain keempat untuk musim 2024, meskipun ada pertemuan para pemilik klub di New York pada 14 Desember di mana sejumlah perubahan lain pada peraturan liga akan dibahas.

(aw)

Artikel Tag: Lionel Messi, Inter Miami

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/don-garber-sebut-lionel-messi-hadirkan-tahun-penuh-perubahan-bagi-mls
1324  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini