Dipaksa Potong Gaji, Pemain EPL Bisa Putus Kontrak

Penulis: Vina Enza
Kamis 09 Apr 2020, 18:24 WIB
Dipaksa Potong Gaji, Pemain EPL Bisa Putus Kontrak

Agen Alderweireld mengomentari wacana pemotongan gaji para pemain EPL (foto:eurosport)

Berita Liga Inggris: Agen defender Tottenham, Toby Alderweireld, Stijn Francis menyebutkan bahwa pesepakbola seharusnya bisa meninggalkan klub mereka dengan gratis jika mereka dipaksa untuk dipotong gajinya di tengah krisis virus Corona.

Para pemain Premier League sedang dalam tekanan untuk mengorbankan prosentase gaji mereka di saat pendemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini. Setelah anggota parlemen, Matt Hancock meminta para pemain untuk berperan serta dengan menerima pemotongan gaji.

Menanggapi hal itu klub-klub EPL mengatakan pekan lalu mereka akan meminta para pemain untuk dipotong gajinya sebanyak 30 persen, akan tetapi hingga kini belum tercapai kesepakatan dengan Asosiasi pesepakbola profesional (PFA).

Meski demikian beberapa pemain papan atas telah meluncurkan penggalangan dana secara terpisah untuk pekerja kesehatan yang disebut gerakan #PlayersTogether untuk membantu menanggulangi virus Corona.

Sedangkan Francis mengatakan pihak klub seharusnya tidak memaksa pemain untuk bersedia dipotong gajinya kecuali jika memang sangat penting untuk keselamatan mereka jika tidak maka akan merusak prinsip stabilitas kontrak.

“Jika klub merekrut seorang pemain mereka mengambil resiko dengan membayar nilai transfer dan membayar gaj,” ujar Francis via The Guardian.

“Sebagai gantinya pemain tidak bisa meninggalkan klub sebelum akhir kontrak mereka kecuali semua pihak yang terlibat setuju. Pemain juga tahu bahwa selama masa kontrak berlangsung pihak klub menjamin akan membayar gaji mereka.

“Pihak klub saat ini meminta para pemain untuk mengurangi gaji mereka yang akan merusak prinsip stabilitas kontrak, jika memang mereka memaksakan untuk mengurangi gaji mereka, maka para pemain seharusnya ditempatkan dalam situasi yang sama seperti pekerja reguler.

“Jika pihak klub mengurangi gaji pemain, maka mereka seharusnya bisa menerima jika si pemain ingin mengakhiri kontrak kerja mereka dengan gratis dan klub tersebut seharusnya tidak bisa lagi meminta biaya transfer jika pemain ingin pindah,” pungkasnya.

Artikel Tag: Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld, Premier League

373  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini