DFB Mengaku Bersalah atas Pensiunannya Mesut Ozil dari Timnas Jerman

Penulis: Fery Andriyansyah
Selasa 29 Sep 2020, 00:45 WIB
Mesut Ozil pensiun dari tim nasional Jerman setelah Piala Dunia 2018

Mesut Ozil. (Foto: DFB)

Berita Sepak Bola: Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) akhirnya mengakui "kesalahan" mereka dalam menangani kasus Mesut Ozil, menyusul keputusan playmaker Arsenal itu untuk bertemu dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjelang Piala Dunia 2018.

Mesut Ozil bersama dengan rekan senegaranya Ilkay Gundogan dan Cenk Tosun memicu kontroversi menjelang ajang sepak bola empat tahunan di Rusia. Mereka berfoto dengan Erdogan, tetapi Ozil yang paling disorot dan kemudian orang-orang di tanah airnya mempertanyakan tindakan pemain keturunan Turki tersebut.

Playmaker Arsenal itu kemudian dijadikan kambing hitam atas kegagalan Jerman di atas lapangan, ketika tim arahan Joachim Low tersingkir dari penyisihan grup meskipun mereka berstatus sebagai pemenang Piala Dunia edisi sebelumnya.

Setelah penampilan yang mengecewakan itu, ditambah dengan kritik yang terus ditujukan ke arahnya, Mesut Ozil mengambil keputusan untuk pensiun dari pentas internasional dan melancarkan serangan pedas ke DFB.

"Dengan berat hati dan setelah banyak pertimbangan karena kejadian baru-baru ini, saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional sementara saya menerima perlakuan rasisme dan rasa tidak hormat," katanya dalam pernyataan panjang saat itu.

"Saya dulu memakai kaus Jerman dengan bangga dan gembira, tapi sekarang tidak. Keputusan ini sangat sulit dibuat karena saya selalu memberikan segalanya untuk rekan satu tim saya, staf pelatih, dan orang-orang Jerman yang baik.

"Tapi ketika pejabat tinggi DFB memperlakukan saya seperti mereka, tidak menghormati garis keturunan Turki saya dan dengan egois mengubah saya menjadi propaganda politik, maka cukup sudah. Itu bukan alasan saya bermain sepak bola, dan saya tidak akan duduk diam dan tidak melakukan apa-apa. Rasisme seharusnya tidak pernah diterima."

Dan Sekretaris Jenderal DFB, Friedrich Curtis, kini telah mengakui bahwa pihaknya membuat kesalahan dalam penanganan kasus tersebut sehingga Mesut Ozil harus pergi secara tidak hormat.

"DFB membuat kesalahan dalam menangani kejadian seputar kasus Ozil," katanya pada pertemuan dengan cendikiawan muda di Deutschlandstiftung Integration. "Sebuah foto menjadi lensa pembakar untuk banyak topik. Saat ada tuduhan rasis, kami melewatkan waktu untuk bertemu dengan pemain."

Artikel Tag: Mesut Ozil, DFB, Timnas Jerman, Arsenal

7894  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini