Dede Sulaeman Belum Menyerah Meski Musimnya Sudah Berakhir

Penulis: Dayat Huri
Rabu 16 Sep 2020, 20:00 WIB
Kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman

Kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman/foto dok Liga Indonesia

Berita Liga 1 Indonesia: Kiper senior Persipura Jayapura, Dede Sulaeman belum menyerah meskipun musimnya harus berakhir lebih cepat lantaran cedera yang dialaminya. Pemain 34 tahun itu kini tengah menunggu jadwal operasi.

Ia mengaku mantan memilih operasi untuk bisa memulihkan cedera setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak.

"Itu atas pertimbangan beberapa dokter, saya sudah konsultasi dengan beberapa fisioterapi dan juga keluarga saya," terang kiper asal Jakarta tersebut seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Dede Sulaiman sendiri mengalami masalah pada lututnya saat menjalani sesi latihan bersama Persipura Jayapura. Setelah ditangani, diketahui ada robekan pada anterior cruciate ligament (ACL) serta ada masalah pada bagian posterior cruciate ligament (PCL).

Karena cedera tersebut, dia dipastikan harus mengakhiri musim lebih cepat. Dokter tim Benny Suripatty memperkirakan butuh waktu 6 bulan untuk benar-benar pulih pasca operasi nanti. Karena itu, ia kemungkinan tidak akan bisa memperkuat Persipura Jayapura pada lanjutan Liga 1 2020 nanti.

Sembari menunggu jadwal naik meja operasi, dia tetap berusaha menjalani program latihan khusus di bawah pengawasan fisioterapi.

Latihan khusus ini akan membantu menjaga kualitas otot kakinya selama masa istirahat. Selain itu latihan ini juga menjadi bagian program percepatan pemulihan pasca operasi.

"Sambil menunggu jadwal operasi, saya tetap latihan untuk menguatkan otot paha saya. Latihan yang diberikan oleh fisioterapi saya," kata mantan kiper Arema itu.

"Ada beberapa gerakan yang harus saya lakukan dari fisioterapi, supaya nanti otot kaki saya tidak kecil dan untuk pemulihannya lebih cepat pasca operasi," pungkasanya kemudian.

Artikel Tag: Dede, Persipura, Liga 1

352  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini