Courtois Gemilang, Chelsea Paksa Imbang PSG

Penulis: Hendy
Sabtu 23 Mar 2013, 07:58 WIB
Courtois Gemilang, Chelsea Paksa Imbang PSG

Courtois Gemilang, Chelsea Paksa Imbang PSG

Pertandingan babak 16 besar UEFA Champions League (UCL) 2015 telah dimulai. Pertandingan leg pertama yang mempertemukan dua klub raksasa, Paris Saint Germain menjamu Chelsea di Stade Parc des Princes, pada Rabu (18/2) dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Bertindak sebagai tuan rumah, PSG langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-12 PSG menciptakan dua peluang untuk mencetak gol lebih dulu melalui tandukan Blaise Matuidi memanfaatkan umpan dari Edison Cavani. Namun peluang Matuidi tersebut mampu ditepis oleh kiper Chelsea, Thibaut Courtois. Bola muntah tersebut coba dimanfaatkan oleh Zlatan Ibrahimovic yang mendapat gangguan dari John Terry, namun kembali diamankan oleh Courtois.

Chelsea mencoba membalas, dengan mengandalkan Diego Costa, namun usaha pemain Spanyol tersebut selalu dapat dimentahkan oleh palang pintu PSG, Thiago Silva. Pada menit ke-34, lagi-lagi peluang dari PSG digagalkan oleh Courtois. Diawali dengan sepak pojok Lavezzi yang mengarah pada Cavani yang berdiri di tiang  dekat. Tandukan Cavani mengarah ke pojok gawang Chelsea, namun gagal berbuah gol berkat penyelamat gemilang Courtois.

Keasyikan menyerang, membuat anak asuh Laurent Blanc lengah. Pada menit ke-36 malah gawang PSG yang kebobolan melalui tandukan Branislav Ivanovic. Proses gol ini terbilang unik, karena berdasarkan kerja sama tiga bek Chelsea yang merangsek maju ke depan. Berawal dari tendangan pojok Chelsea yang dihalau barisan belakang PSG. Bola mengarah kepada John Terry yang berada di sisi kanan pertahanan PSG. Kapten Chelsea tersebut mengirimkan umpan crossing ke jantung pertahanan PSG. Umpan Terry tersebut mendapat sentuhan dari Garry Cahill, kemudian mengarah kepada Ivanovic. Meski berada diantara barisan bek PSG, Ivanovic mampu menanduk bola dan bersarang di gawang PSG yang dijaga oleh Salvatore Sirigu.

Sadar akan tertinggal  gol, para pemain PSG seolah tersengat. Peluang demi peluang diciptakan oleh para barisan depan PSG yang dihuni oleh tridentemacam Ibrahimovic-Cavani-Lavezzi, namun tak ada satu pun yang berbuah gol. Termasuk tendangan bebas Ibahimovic di menit ke-43, yang melambung tinggi dari gawang. Skor 0-1 untuk keunggulan Chelsea pun bertahan hingga turun minum.

Pertandingan babak kedua dimulai, PSG masih tampil terbuka untuk terus menekan pertahanan Chelsea. Sedangkan anak asuh Jose Mourinho yang tengah unggul, hanya menunggu di daerah pertahanannya sendiri. Memanfaatkan kecepatan Eden Hazard dan akurasi umpan dari Cesc Fabregas, menjadi senjata Chelsea dalam melakukan serangan balik.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh publik Paris pun datang pada menit ke-54. Gol PSG diciptakan oleh Edison Cavani  setelah menerima umpan matang dari Matuidi, setelah melakukan kerja sama yang bagus dengan Maxwell dan David Luiz. Terlepas dari umpan Matuidi yang begitu memanjakan, penempatan posisi dari Cavani juga layak dipuji. Cavani yang berdiri diantara penjagaan enam bek Chelsea di kotak pinalti, mampu menanduk bola ke arah tiang jauh yang kali ini gagal diamankan oleh Courtois. Papan skor pun berubah menjadi 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan membuat PSG bersemangat untuk menambah golnya. Pada menit ke-60, Ibrahimovic melakukan umpan satu dua dengan Lavezzi yang dilanjutkan dengan penetrasi ke daerah pertahanan Chelsea. Namun ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tendangan Ibrahimovic lagi-lagi digagalkan oleh Courtois. Bola muntah yang disambar oleh Lavezzi pun, juga masih bisa dihalau oleh Azpilicueta .

Skor imbang membuat tensi pertandingan memanas. David Luiz yang pertama kali bertanding dengan mantan klubnya, terlihat beradu mulut dengan Diego Costa. Kedua pemain tersebut pun harus ditenangkan oleh wasit. Dua pemain Chelsea bergantian mendapat kartu kuning, yaitu Ivanovic dan Fabregas setelah melanggar keras lawan-lawannya. Sedangkan dari PSG, Marco Verratti giliran yang diganjar kartu kuning, setelah melakukan tackle keras terhadap Eden Hazard.

PSG kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-80. Cavani yang mendapatkan umpan terobosan dari Matuidi, berhasil melepaskan sontekan mendatar ke arah tiang jauh melewati Courtois. Namun bola hanya bergulir begitu saja di depan gawang Chelsea.

Skor 1-1 pun harus diterima kedua tim, setelah wasit asal Turki, C. Cakir meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Dengan hasil tersebut, membuat agregat sama kuat. Namun dalam posisi ini, peluang PSG untuk lolos ke babak selanjutnya akan terasa berat. Karena PSG harus bertanding di kandang Chelsea, Stamford Bridge pada pertandingan leg kedua (12/3). 

1414  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini