Cerita Zulham Yang Awali Karir Sepakbola Sebagai Kiper

Penulis: M. Aldi
Kamis 10 Sep 2020, 02:00 WIB
Zulham ketika mengiring bola dalam sesi latihan

Pemain Persib, Zulham Zamrun (foto : Persib official)

Berita Liga 1 Indonesia : Siapa yang menyangka ternyata Zulham Zamrun mempunyai kemampuan menjadi penjaga gawang. Dirinya beraksi sebagai kiper di sesi latihan Persib saat Teja Paku Alam harus menepi karena cedera.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini lantas bercerita mengenai kisahnya berada di bawah mistar. Ketika memulai karir di dunia sepakbola, ternyata dia merupakan penjaga gawang namun karena postur dia beralih ke outfield player.

"Sebenarnya sih dulu mulai menjadi pesepakbola itu dimulai menjadi seorang penjaga gawang cuma engga keterusan karena saya pikir postur saya tidak terlalu tinggi jadi beralih ke pemain menyerang saja," ujar Zulham ketika diwawancara.

Sejak menimba ilmu di sekolah sepakbola (SSB) pemain bernomor unggung 17 itu sudah banyak menyerap kemampuan menahan bola di depan gawang. Itu yang membuatnya pernah menjadi kiper dadakan ketika masih membela PSM karena kiper utama harus keluar lapangan.

"Tapi untuk dasar-dasar kiper saya sudah punya dan miliki. Seperti kemarin di PSM saya berani ditunjuk menjadi sebagai penjaga gawang, karena penjaga gawangnya cedera dan kartu merah," kata dia.

Kondisi ini bisa menjadi keuntungan bagi tim ketika harus menghadapi situasi darurat di Liga 1 nanti. Ketika stok kiper habis, atau Persib butuh kiper dadakan di tengah laga, Zulham menjadi opsi untuk mengatasi masalah itu.

"Mungkin sekarang di Indonesia sudah pada tahu itu menjadi alternatif sebagai sebuah klub apabila ada penjaga gawang yang cedera atau sakit, saya selalu siap," kata pemain yang beberapa musim lalu membelas PSM tersebut.

Ada beberapa shootstoper yang menjadi inspirasi Zulham di bawah mistar. Dia mengidolakan mantan kiper Persiter Ternate, Muchlis Sahrun karena berasal dari daerah yang sama. Selain itu kemampuan I Made Wirawan juga membuatnya terkesan.

"Penjaga gawang saya kalau lihat dari penampilannya ya Bang Made Wirawan, tapi kalau pribadi ada satu legend di Ternate, saya selalu melihat dia, Muchlis Sahrun, dia itu mantan kiper Persiter Ternate," tukasnya.

Artikel Tag: Zulham, Persib, Liga 1 2020

407  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini