Brighton Catat Rekor Keuntungan Terbesar di Inggris

Penulis: Fery Andriyansyah
Rabu 03 Apr 2024, 21:00 WIB
Brighton banyak melakukan penjualan pemain

Brighton banyak melakukan penjualan pemain. (Foto: Charlie Crowhurst/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Brighton & Hove Albion memecahkan rekor keuntungan terbesar yang pernah dibuat oleh klub Inggris dalam satu tahun, bahkan tanpa penjualan Moises Caicedo senilai 115 juta poundsterling.

The Seagulls, yang didanai oleh pengusaha lokal Tony Bloom, menghasilkan 122,8 juta poundsterling selama musim 2022-23, periode paling sukses dalam sejarah klub. Margin keuntungan Brighton secara global hanya dikalahkan oleh juara Spanyol, Barcelona, yang menghasilkan 300 juta poundsterling dari 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023.

Yang mengawali pendapatan mereka adalah penjualan Yves Bissouuma, yang bergabung dengan Tottenham dengan harga 30 juta poundsterling pada Juni 2022. Dua bulan kemudian, Chelsea membayar 60 juta poundsterling untuk merekrut bek sayap Marc Cucurella, pemain lain yang didatangkan dengan harga murah dan dijual dengan keuntungan besar. Jendela transfer Januari 2023 kemudian melihat pemain sayap Leandro Trossard bergabung dengan Arsenal dengan harga 21 juta poundsterling, setelah berselisih dengan Roberto De Zerbi, yang menggantikan Graham Potter di awal musim lalu.

Setelah musim berakhir dan Brighton berhasil mengamankan posisi keenam untuk lolos ke Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka — serta mencapai semifinal Piala FA — The Seagulls menjual gelandang Alexis Mac Allister ke Liverpool dengan nilai transfer sebesar 35 juta poundsterling. Penjualan Moises Caicedo yang merupakan rekor Inggris ke Chelsea terjadi pada bulan Agustus, yang berarti akan digunakan untuk keuntungan finansial musim ini, seperti halnya kepindahan Roberto Sanchez senilai 30 juta poundsterling yang membuatnya menjadi pemain The Seagulls ketiga yang bergabung dengan The Blues sejak awal musim lalu.

Musim ini menjadi lebih menantang bagi anak asuh De Zerbi, dan menarik perhatian di Eropa namun performa domestik mereka menurun. Brighton memuncaki grup Liga Europa yang berisi Marseille, Ajax dan AEK Athens, tetapi dikalahkan di babak 16 besar oleh raksasa Italia, Roma.

Artikel Tag: brighton

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/brighton-catat-rekor-keuntungan-terbesar-di-inggris
640  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini