Brace Haaland Selamatkan Dortmund dari Kekalahan

Penulis: Degha Mulia
Senin 22 Mar 2021, 21:30 WIB
Ekspresi kekecewaan Haaland dalam laga Dortmund melawan FC Koln yang harus berakhir imbang

Erling Haaland (Foto: DW)

Berita Liga Jerman: Bertamu ke RheinEnergieStadion dalam laga pekan ke-26 Bundesliga, Dortmund mengusung misi balas dendam atas kekalahan dari FC Koln di Signal Iduna Park pada putaran pertama musim ini.

Baru 3 menit pertandingan berlangsung, Dortmund mampu membuka keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Haaland. Haaland mampu memaksimalkan long ball dari  Emre Can yang dituntaskan dengan tendangan ke arah tiang dekat gawang. Tendangannya tidak mampu diantisipasi oleh Timo Horn dan tendangan tersebut mampu mengolongi Horn sebelum bersarang di gawang. 

Kebobolan dengan cepat, FC Koln pun lebih berinisiatif dalam membangun serangan dan mengambil alih jalannya pertandingan. Alih-alih mendapat gol penyeimbang kedudukan, justru Koln hampir kebobolan lagi saat pertandingan berjalan setengah jam. Beruntung peluang yang didapatkan Dortmund dari tendangan Haaland masih belum menemui sasaran. 

Gol yang ditunggu-tunggu oleh skuad Markus Gisdol akhirnya tercipta pada menit ke-35. Tendangan dari Noah Katterbach di area kotak penalti Dortmund mengenai lengan dari Jude Bellingham. Wasit pun memberikan hadiah penalti untuk Koln setelah melalui review VAR. Duda sukses melakukan tendangan penalti yang mampu mengecoh Marwin Hitz untuk dapat untuk dapat menyamakan skor. 

Menjelang berakhirnya babak pertama, Dortmund sempat mendapat peluang untuk kembali unggul melalui Jude Bellingham. Namun, tendangan Bellingham masih mampu ditahan oleh Horn. 

Di babak kedua, Edin Terzic ingin skuadnya tampil lebih menyerang dengan memasukkan Youssoufa Moukoko yang menggantikan Julian Brandt. Babak kedua berjalan, skuad asuhan Terzic memperoleh sejumlah peluang yang nyaris membuat Die Borussen kembali unggul. Haaland kembali memperoleh peluang yang masih mampu diantisapasi oleh Horn. Kemudian, BVB mendapat peluang untuk kembali melalui crossing yang diberikan oleh Thorgan Hazard. Sayangnya, Haaland yang menjadi target dari crossing tersebut tidak mampu menjangkaunya.

Terlalu asyik menyerang, Dortmund harus kecolongan di menit ke-66. Strategi long ball yang diterapkan Terzic justru menjadi blunder bagi skuadnya yang berhasil dimanfaatkan oleh Koln. Koln membangun skema counter-attack yang berhasil dituntaskan oleh Jakobs dengan tendangan keras yang mengarah ke sisi tiang dekat gawang Hitz untuk membuat Koln unggul. 

Dortmund nyaris menyamakan kedudukan melalui sundulan Haaland menyambut crossing dari Meunier. Tetapi, sundulan Haaland masih membentur mistar gawang. Pemain bernomor punggung 9 tersebut akhirnya menjadi penyelamat kubu Die Borussen setelah berhasil mencetak gol keduanya di penghujung laga. Penyerang tim nasional Norwegia tersebut sukses menuntaskan crossing dari Ansgar Knauff dengan sebuah sliding.

Hasil ini membuat Marco Reus dan kawan-kawan sementara berada di peringkat ke-5 Bundesliga dengan 43 poin. Sementara, raihan 1 poin belum mampu membantu FC Koln keluar dari ancaman degradasi Bundesliga. Saat ini, posisi FC Koln masih tertahan di posisi ke-16 dengan 23 poin.

Artikel Tag: Dortmund, Bundesliga, Haaland

757  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini