Borussia Dortmund Laporkan Kerugian Untuk Paruh Pertama Musim 2020/21

Penulis: Yuni Winata
Kamis 11 Feb 2021, 02:30 WIB
Borussia Dortmund laporkan kerugian 26.3 juta euro di paruh pertama musim ini

Hans-Joachim Watzke - bvb buzz

Berita Liga Jerman: Borussia Dortmund telah melaporkan kerugian bersih sebesar 26.3 juta euro untuk paruh pertama musim 2020/21, namun ada tanda-tanda harapan yang lebih baik di paruh kedua.

Bukan rahasia lagi jika Dortmund, sama seperti klub-klub sepak bola lain, terpukul keras secara finansial oleh pandemi COVID-19.

Klub sudah mengumumkan bahwa mereka mengalami kerugian sebesar 26.3 juta euro di paruh pertama musim ini, mulai Juli – Desember 2020. Namun mereka juga mendapat keuntungan sebesar 9.6 juta euro di kuarter kedua (mulai Oktober – Desember 2020), yang adalah tanda positif dalam situasi saat ini.

Ada banyak alasan yang menyebabkan penurunan pendapatan BVB, tapi yang terbesar adalah hilangnya pendapatan dari matchday laga kandang.

Musim ini Dortmund hanya mendapat 0.6 juta euro dari matchday, jauh lebih rendah dibanding 22.6 juta euro yang mereka terima dalam kurun waktu yang sama musim lalu.

Penurunan besar lainnya adalah pendapatan dari hotel, restoran, dan even yang turun dari 23.9 juta euro enjadi 5.3 juta euro.

Positifnya, pengeluaran untuk personel Dortmund turun dari 111.5 juta euro menjadi 102.3 juta euro musim ini. Hal itu disebabkan oleh para pemain dan staf Dortmund yang bersedia gaji mereka dipotong saat klub berada dalam masa-masa sulit ini.

Bukanlah hal mudah untuk mengatasi dampak pandemi disaat dunia masih berjuang mengatasinya. Namun meskipun Dortmund takkan mendapat keuntungan besar dalam waktu dekat, tapi sudah terlihat ada tanda-tanda positif untuk kuarter kedua.

Artikel Tag: Borussia Dortmund, kerugian, paruh pertama

706  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini