Borussia Dortmund ke Puncak Klasemen Bundesliga Usai Bekuk Schalke 1-0

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 18 Sep 2022, 12:00 WIB
Borussia Dortmund

Sundulan Youssoufa Moukoko yang Berhasil Menjebol Gawang FC Schalke 04 (Sumber: DPA)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Borussia Dortmund berhasil meraih hasil manis pada laga pekan ketujuh Bundesliga, dengan mengalahkan FC Schalke 04 1-0 dalam Revierderby di Signal Iduna Park, Sabtu (17/09) malam WIB.

Pelatih Dortmund, Edin Terzic, memulai laga dengan menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan menjadikan Anthony Modeste sebagai ujung tombak, dibantu Julian Brandt dan Donyel Malen di sisi sayap kanan dan kiri. Sementara FC Schalke 04 juga memainkan formasi yang serupa, 4-2-3-1

Bermain sebagai tuan rumah, Borussia Dortmund langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Pada menit ketujuh Dortmund berhasil mencetak gol, akan tetapi harus dianulir oleh wasit karena Julian Brandt sudah terperangkap offside terlebih dahulu. Pada menit ke-28, Dortmund mendapat malapetaka dengan cederanya Marco Reus, usai mendapat tekel keras dari pemain Schalke 04. Posisinya kemudian diganti dengan Giovanni Reyna.

Setelah pergantian tersebut, Dortmund tetap bermain menyerang. Pada menit ke-32, Jude Bellingham melakukan sundulan yang mengarah ke gawang setelah mendapat umpan matang dari Malen, akan tetapi usahanya masih bisa digagalkan oleh kiper FC Schalke 04, Alexander Schwolow. Hingga jeda babak pertama tak ada gol yang tercipta, skor 0-0 menghiasai papan skor.

Di awal babak kedua, tepatnya menit ke-46, Schwolow kembali melakukan penyelamatan dari usaha tendangan Malen. Merasa mengalami kebuntuan, pelatih Edin Terzic membuat beberapa perubahan, salah satunya memasukkan Youssoufa Moukoko untuk menggantikan Modeste di menit ke-64.

Gol yang ditunggu-tunggu suporter Dortmund akhirnya baru tercipta pada menit ke-79 melalui sundulan keras Youssoufa Moukoko. Gol tersebut berawal dari usaha Marius Wolf yang menyisir sisi kiri lapangan sebelum kemudian melepaskan umpan lambung yang berhasil disambut dengan sundulan oleh Moukoko. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Dortmund.

Hingga akhir pertandingan tak ada lagi gol yang tercipta, skor 1-0 menghiasai papan skor. Berkat kemenangan ini Borussia Dortmund berhasil memuncaki klasemen sementara Bundesliga dengan koleksi 15 poin. Akan tetapi posisi mereka masih rawan tergeser oleh Union Berlin yang hanya tertinggal satu poin dan berada di posisi runner-up, serta masih memiliki sisa tabungan satu laga.

Artikel Tag: Borussia Dortmund, Fc Schalke 04

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/borussia-dortmund-ke-puncak-klasemen-bundesliga-usai-bekuk-schalke-1-0
502  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini