Berita Sepak Bola : Taklukkan PSP Padang, PS GAS Juara ISC Linus Zona Sumbar

Penulis: Dayat
Kamis 06 Okt 2016, 00:58 WIB
Berita Sepak Bola : Taklukkan PSP Padang, PS GAS Juara ISC Linus Zona Sumbar

Tim PS GAS Sawahlunto

Ligaolahraga —PS GAS Sawahlunto berhasil membalikkan prediksi, setelah secara dramatis mampu menang atas tim unggulan PSP Padang melalui babak adu penalti dengan skor 4-2 (2-2) pada partai final Indonesian Soccer Championship Liga Nusantara (ISC Linus) zona Sumbar, di Stadion H Agus Salim, Padang, Rabu (5/10). Kemenangan tersebut memastikan langkah tim Kota Arang mewakili Sumbar pada pagelaran ISC Linus tingkat Nasional.

Disaksikan langsung oleh Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, PS GAS Sawahlunto justru ketinggalan lebih dahulu melalui gol yang diciptakan Yopi Rizal pada menit ke-8. Diawali akselerasi ciamiknya, pemain nomor punggung 25 tersebut mampu menerobos ke dalam kotak penalti PS GAS, sebelum akhirnya melepaskan tendadngan terukur yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang tim Kota Arang, Oki Samdi Lova. 1-0 Pandeka Minang(julukan PSP Padang) memimpin.

Mampu unggul cepat membuat semangat tim asuhan Joni Efendi naik, beberapa peluang berhasil kembali diciptakan. Namun, lini pertahanan PS GAS mulai mampu mengantisipasi dengan cukup baik.

Terus menguasai jalannya pertandingan, PSP Padang justru dikejutkan oleh gol indah yang diciptakan  Afriweldi pada menit ke-18. Kapten tim Kota Arang tersebut mampu membobol gawang Fajrin Fernanda melalui tendangan bebas cantiknya untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Skor sama kuat membuat tempo permainan semakin tinggi. Duel-duel keras sering mewarnai permainan. Namun, peluang yang didapat kedua tim belum membuahkan hasil, sehingga skor 1-1 mengantar kedua tim ke ruang ganti.

Keluar dari kamar ganti, permain ketat kembali tersaji, PS GAS yang bermain lepas mendapat hadiah penalti dari wasit pada menit ke-77, setelah tangan pemain belakang PSP Padang, Farid Harsya, dianggap wasit menyentuh bola di dalam kotak pinalti sendiri.

Afriweldi yang dipercaya sebagai eksekutor mampu menunaikan tugasnya dengan baik untuk membawa tim Kota Arang balik memimpin, 2-1.

Mampu membalikkan keadaan, PS GAS Sawahlunto mulai memperketat lini pertahanannya. Sebaliknya, PSP Padang yang ditargetkan menjuarai ISC Linus semakin menggencarkan serangan. Namun, ketatya pertahanan tim asuhan Supri A Rahman mampu memathkan serangan tim Kota Bengkuang.

Terus menggenmpur lini pertahanan PS GAS Sawahlunto, Pandeka Minangakhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui Gusripen Effendi pada menit ke-88 memanfaatkan situasi bola liar di mulut PS GAS.

Sampai waktu 90 menit berakhir, kedudukan imbang 2-2 memaksa kedua tim harus melanjutkan pertandingan ke babak tambahan waktu. Di babak tambahan waktu, kedua tim mulai terlihat kelelahan, sehingga permain cendrung keras dan kurang terorganisir.

Sampai 2 kali 15 berakhir dan wasit Varizon meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-2 tidak berubah, sehingga penentuan kemenangan harus ditentukan lewat babak tos-tosan adu penalti.

Dari lima kesempatan, pemain PS GAS Sawahlunto hanya gagal satu kali, sementara dari lima penendang PSP Padang, hannya dua pemain yang berhasil menjebol gawang Oki Samdi Lova. Tim Kota Arang sukses menutup pertandingan dengan skor akhir 6-4.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf yang menyaksikan pertandingan tidak bisa menutupi kegembiraanny dengan langsung lebur bersama para pemain PS GAS Sawahlunto untuk merayakan kemenangan tim asa kotanya.

“Ini merupakan hasil dari sebuah latihan panjang. Sebenarnya tim ini kami siapkan untuk Porprov, keberhasilan menjuarai ISC Linus tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami,” sebut Ali.

Dia menjelaskan, untuk tampil mewakili Sumbar di tingkat Nasional, pihaknya akan berupaya menggandeng pihak-pihak swasta, baik itu pengusaha lokal maupun stackholder lainnya.

“Dari Pemko sendiri tentunya akan ada bonus,” ujarnya tanpa menyebut nominal bonus tersebut. Krjasmaam dan krja keras

Pelatih Tim Kota Arang, Supri A Rahman mengatakan, kunci kemenangan timnya adalah kebersamaan tim, semangat, dan daya juang tak kenal lelah dari para pemainnya.

“Dana  mungkin kami minim, demikian juga dengan pengalaman dan kemampuan secara tim. Tapi semangat dan kemampuan fisik jelas kami lebih unggul,” sebut mantan pemain Semen Padang era Galatama tersebut.

Menanggapi peluang di tingkat Nasional, Supri menyebut, dia akan tetap memaksimalkan perpaduan antara pemain muda dan pemain senior di timnya.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Tapi, dengan berhasil menjuarai ISC Linus zona Sumbar saja sudah melebih target awal kami. Namun demikian, kami juga ingin berbicara di tingkat Nasional,” pungkas Supri. 

Artikel Tag: psp padang, Semen Padang, ps gas sawahlunto, kota arang, isc linus, Sumbar

2719