Berita Sepak Bola Nasional: Kursus Kepelatihan Rampung, Djanur Tunggu Hasil Dari AFC

Penulis: M. Aldi
Kamis 02 Feb 2017, 09:00 WIB
Berita Sepak Bola Nasional: Kursus Kepelatihan Rampung, Djanur Tunggu Hasil Dari AFC

Djadjang Nurdjaman

Ligaolahraga.com -

Liga Olahraga - Berita Sepak Bola Nasional: Usai sudah pengembaraan Djadjang Nurdjaman dalam upaya menimba ilmu kepelatiha di Thailand sambil meningkatkan lisensinya menjadi A AFC. Namun hasil dari kursus tersebut hingga kini belum dikantongi olehnya.

Setelah melahap sejumlah materi dari instruktur dan melewati beberapa ujian, Djadjang akhirnya kembali ke Indonesia. Tetap dia belum bisa sepenuhnya lega karena hasil tes seluruh peserta masih belum diumumkan. Sehingga sampai saat ini, Djanur tercatat belum secara resmi berlisensi A AFC.

Dikatakan oleh Djanur, pengumuman kelulusan baru akan disampaikan sekitar dua bulan ke depan. Sang pelatih pun lantas merasa harap-harap cemas andai dirinya dinyatakan tidak lulus. "Hasilnya baru diumumin 2 bulan lagi," beber pria yang akrab disapa Djanur itu ketika diwawancara di Mes Persib, Rabu (1/2/2017).

Meski begitu dia memendam optimisme mampu lulus dalam kursus kepelatihan yang dihelat di Bangkok tersebut. Karena secara keseluruhan, materi yang diberikan oleh instruktur tidak berbeda jauh dengan saat dia mengambil lisensi B atau C. Hanya saja waktu pelaksaanaan serta jumlah ujian yang diberikan lebih banyak.

Djanur memang berada di Thailand nyaris selama sebulan penuh. Sebelumnya pria berusia 58 tahun itu biasanya hanya menghabiskan waktu selama 3 pekan ketika mengambil kursus kepelatihan lisensi B dan C.

"Materi kursus sama hanya waktunya saja berbeda. Dari C, B sama A sama saja ada kelas dan praktek. Tes juga sama, cuma kalau di A ada 3 ujian praktek, 2 tulis, dan 1 desertasi. Semua menyangkut monumen bola," jelas pelatih asal Majalengka tersebut.

Djanur juga mengatakan dirinya sangat terbantu dengan keikutsertaan di kursus kepelatihan tersebut. Karena kini dia mempunyai ilmu baru yang siap diterpkan kepada anak asuhnya di Persib. Menurutnya taktik di dunia sepakbola tak henti berevolusi sehingga dia pun harus mengikuti perkembangan itu.

"Perkembangan sepakbola kan sudah semakin berkembang. Harus ada penyegaran ilmu lah kan selalu berkembang. Dinamika sepakbolanya juga berkembang terus, improve terus dari cara berlatih, strategi dan lain-lain," ujarnya.

Mengenai level persepakbolaan Thailand, Djanur mengakui bahwa pemain-pemain di Negeri Gajah Putih setingkat di atas Indonesia. Semula Djanur menilai tak ada jurang pemisah tersebut, namun ketika melihat langsung, dia mengaku kagum. Dia juga menyebut tim di level amatir sudah mampu memperagakan permainan yang baik.

"Dari kualitas saja. Sempat punya pikiran waktu timnas beda tipis. Tapi lihat klub, ternyata beda kualitas. Padahal yang saya lihat itu tim divisi 4," ulas Djanur.

Artikel Tag: djanur, Djadjang Nurdjaman, Persib, Bandung, thailand, Lisensi, AFC

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/berita-sepak-bola-nasional-kursus-kepelatihan-rampung-djanur-tunggu-hasil-dari-afc
1415  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini