Berita Sepak Bola: 'Kapten Terbaik Brasil' Carlos Alberto Tutup Usia

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 26 Okt 2016, 13:17 WIB
Berita Sepak Bola: 'Kapten Terbaik Brasil' Carlos Alberto Tutup Usia

Carlos Alberto mengkapteni tim Brasil 1970 yang dianggap terhebat sepanjang masa

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Sepak Bola: Carlos Alberto Torres, salah satu pencetak gol terbaik dalam sejarah Piala Dunia dan kapten Brasil yang mengalahkan Italia di final PD 1970, meninggal dunia pada Selasa (25/10) dalam usia 72 tahun akibat serangan jantung. Demikian pengumuman CBF, PSSI-nya Brasil, lewat situs resmi mereka.

Bek kanan yang rajin membantu serangan itu menyumbangkan gol keempat timnya dalam kemenangan 4-1 atas Italia di Stadion Azteca, Meksiko. Sepakan geledek mendatar yang menjadi puncak pergerakan bola yang melibatkan delapan pemain “Tim Samba”.

“O Capitao do Tri” – begitu Alberto dijuluki – kemudian mengangkat trofi Jules Rimet, menasbihkan Brasil sebagai tiga kali kampiun Piala Dunia saat itu. “Ketika saya menerima trofi, insting pertama saya adalah menciumnya. Bahkan, sayalah orang pertama yang mencium trofi dulu, sebelum mengangkatnya,” kenangnya.

Bagi pakar sepak bola Amerika Latin, Tim Vickery, yang pernah bertugas bersama sebagai komentator TV, Alberto mungkin bukan bek terbaik dalam sejarah timnas Brasil, namun dia pastinya “kapten Brasil terbaik sepanjang masa” karena kualitas kepemimpinannya.

Dikenal sebagai “penegak aturan”, Alberto melaksanakan tugas kaptennya secara serius, baik di luar maupun luar lapangan. “Dia pemimpin yang selalu hadir di mana pun,” kata Vickery. “Dialah yang akan mewakili para pemain, menemui dan beradu argumen dengan para direktur CBF. Jika ada pemain yang harus dimarahi di lapangan, dialah yang melakukannya, bahkan terhadap sahabatnya, Pele.”

Tak urung Pele sangat bersedih dengan kepergian sahabat yang juga dianggapnya sebagai kakak. “Saya teringat masa-masa ketika kami bermain bersama di Santos, Brasil dan New York Cosmos, manakala kami membentuk kemitraan bernafaskan juara,” tandas Pele.

Alberto merupakan seorang bek hebat dengan kemampuan kontrol dan giringan bola serta ketrampilan mengatur serangan yang terbilang langka bagi seorang pemain belakang kala itu. Dia membela klub Fluminese, Santos, Flamengo dan Cosmos antara 1963-1982.

Dia memenangi gelar pertamanya bersama Fluminese di kampung halamannya, Rio de Janeiro. Namun puncak kejayaannya adalah saat membela Santos. Di tim itu, bersama Pele, dia memenangi dua titel divisi utama dan lima trofi negara bagian Sao Paulo.

Full back itu juga salah satu pemain ternama dunia pertama yang bermain di AS saat bergabung dengan Cosmos. “Kami sangat berduka dengan kepergian Carlos Alberto, pemain legendaris dan orang yang hebat,” kata pihak Cosmos melalui Twitter. “Dia akan selalu menjadi bagian dari keluarga Cosmos.”

Sekembalinya ke Brasil sebagai pelatih, Alberto mengantarkan Flamengo sebagai juara divisi utama Brasil pada 1983 dan Fluminese sebagai kampiun negara bagian Rio de Janiero pada 1984.

Di masa pensiunnya, Alberto bekerja sebagai komentator dan brand ambassador. Namun dia akan selalu diingat atas peran kepemimpinannya dalam skuad Brasil 1970, yang kerap dinilai sebagai tim terhebat sepanjang masa. Dia mengkapteni sekelompok pemain yang berangkat ke Meksiko dengan pelatih baru, yang tidak punya banyak waktu untuk beradaptasi.

Alberto merupakan seorang pemimpin alami, bahkan dalam tim yang dipenuhi oleh banyak pemain legendaris seperti Tostao, Gerson, Rivellino, Jairzinho, dan Pele. Banyak yang menjadi kapten di klub mereka, namun mereka patuh kepada kata-kata Alberto.

Penghormatan kepada Alberto pun datang dari seluruh pelosok dunia sepak bola. Otoritas tertinggi sepak bola FIFA menyebutnya sebagai “sosok yang terlahir sebagai pemimpin”. Sementara CBF mengumumkan pengheningan cipta selama semenit dalam semua laga di negerinya akhir pekan ini.

Artikel Tag: Carlos Alberto, Pele, Santos, New York Cosmos, Tim Vickery

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/berita-sepak-bola-kapten-terbaik-brasil-carlos-alberto-tutup-usia
2952  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini