Banyak Klub Ingin Liga Dihentikan, Pelatih Persib Beri Pandangan

Penulis: M. Aldi
Senin 01 Jun 2020, 22:45 WIB
Banyak Klub Ingin Liga Dihentikan, Pelatih Persib Beri Pandangan

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia: Lebih dari 50 persen anggota Liga 1 2020 menyuarakan pendapat agar kompetisi musim ini dihentikan. Hal itu diutarakan ketika seluruh klub kasta teratas melakukan rapat virtual dengan PSSI pekan lalu.

Situasi pandemi yang belum usai membuat banyak klub memilih supaya kompetisi dihentikan. Meski tidak banyak juga tim yang masih ingin liga diteruskan meski dengan penyesuaian seperti gaji dan protokol keselamatan.

Persib menjadi klub yang ingin kompetisi dilanjutkan, tetapi dilakukan peningkatan perhatian terhadap faktor keselamatan. Pasalnya wabah masih mengintai dan perlu dilakukan penyesuaian pada fase new normal seperti laga tanpa penonton.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun bersuara menanggapi banyaknya tim yang memilih untuk menghentikan liga. Menurutnya, keputusan itu diambil bukan karena pandemi semata. Tetapi ada faktor lain seperti kesiapan klub dan kondisi ekonomi.

"Saya tidak tahu pasti mereka ingin menghentikan liga. Tetapi saya pikir banyak klub melihat dari lingkungannya. Kami harus jujur juga soal itu, karena banyak klub yang tidak melakukan persiapan dengan bagus di musim ini," ujarnya saat diwawancara melalui pesan singkat.

"Dan mereka sudah banyak mengajukan gaji yang luar biasa pada pemainnya atau uang muka untuk mereka. Jadi menurut saya itu menjadi salah satu alasan banyak klub yang ingin liga berhenti. Tapi semua harus melihat gambaran lebih besar ke depan, bukan hanya untuk klub sendiri tetapi untuk sepakbola Indonesia dan tim nasional. Ini soal bagaimana tim dalam mengikuti kompetisi Asia," jelasnya.

Robert sependapat dengan jajaran manajemen soal rencana untuk sisa musim ini. Menurutnya lebih baik kompetisi dilanjutkan, dengan memperhatikan protokol keselamatan. Selain itu menurut Robert ada banyak manfaat ketika liga dilanjutkan, alih-alih mengubahnya menjadi turnamen.

Baginya paling ideal adalah melanjutkan liga, tetapi dengan mengubah agenda liga 2020 menjadi 2020/2021. Artinya gelaran liga dibuat lebih longgar agar memberi waktu bagi tim nasional lebih siap menatap pertandingan. Karena pemain juga tentunya punya persiapan dengan bermain bersama klub.

"Saya dalam opini yang sama dengan manajemen dan pemain bahwa liga tidak perlu dihentikan, kami bisa bermain seperti yang mereka katakan pada Juli. Tetapi mungkin dengan kondisi saat ini, di beberapa tempat masih ada PSBB dan mereka mengeluarkan statement 4,8 dan 12 Juni ada beberapa tempat juga yang dibuka normal lagi," jelasnya.

"Jadi kamu mungkin bisa segera berlatih lagi di suatu tempat pada Juni dan liga mungkin akan mulai lagi pada Agustus. Kami bisa ikuti sistem di Eropa soal jadwal. Jadi jika jika klub ingin menghentikan liga, mereka harus memiliki alasan jelas, apalah misalnya mengenai kesehatan. Tapi silakan lihat di banyak negara kompetisi tetap bisa dilanjutkan, jadi itu bukan satu-satunya alasan," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga 1 2020

352  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini