Asnawi Absen Vs Thailand, Shin Tae-yong Percaya dengan Kualitas Rio Fahmi

Penulis: Dayat Huri
Kamis 19 Mei 2022, 07:00 WIB
Shin Tae-yong tak khawatir meski timnas Indonesia U-23 tak akan dapat menurunkan Asnawi Mangkualam Vs Thailand

Shin Tae-yong tak khawatir meski timnas Indonesia U-23 tak akan dapat menurunkan Asnawi Mangkualam Vs Thailand/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Kepastian absennya Asnawi Mangkualam pada pertandingan semifinal Sea Games Vietnam 2021 kontra Thailand di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5) sore WIB pukul 16.00 WIB memunculkan kekhawatiran di tengah-tengah pecinta sepak bola tanah air. Pasalnya, peran pemain asal klub Ansan Greeners itu cukup vital di sisi kanan pertahanan timnas Indonesia U-23.

Dari empat pertandingan yang sudah dijalani timnas Indonesia U-23 di Sea Games Vietnam 2021, satu-satunya kekalahan yang diderita tim asuhan Shin Tae-yong itu adalah ketika menyerah 0-3 dari tim tuan rumah pada pertandingan pertama. Di pertandingan itu Asnawi Mangkualam belum bisa tampil akibat terlambat bergabung karena masih harus memperkuat klubnya di kompetisi kasta kedua Liga Korea (K-League 2).

Hal yang tidak kalah mengkhawtirkan adalah penampilan Ilham Rio Fahmi yang kala itu dipercaya mengisi sisi kanan lini pertahanan jauh dari kata memuaskan. Vietnam seperti leluasa mengobrak-abrik sisi yang dikawal pemain muda Persija Jakarta itu. Hal yang sama ditakutkan kembali terjadi ketika Asnawi Mangkualam kembali tidak dapat tampil di laga semifinal nanti.

Shin Tae-yong sendiri mengakui bahwa performa Ilham Rio Fahmi tidak begitu baik di laga pertama. Namun begitu, dia percaya bahwa pemain 20 tahun itu telah menunjukkan peningkatan penampilan dibandingkan laga pertama yang dilakoninya.

"Ilham Rio saat itu menjadi starter di laga perdana melawan Vietnam meski belum maksimal. Tetapi setelah itu performa dirinya makin naik dengan sebagai pemain pengganti di babak kedua setiap laga, untuk besok (Kamis, 19/5) apakah Ilham Rio main atau tidak dilihat saja nanti," jelas pelatih asal Korea Selatan itu seperti dilansir laman resmi pssi.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menyatakan bahwa para pemain timnas Indonesia U-23 sudah siap untuk menghadapi Thailand. Menurut dia, Sea Games berbeda dengan Piala AFF, terutama karena di ajang multi event tersebut setiap tim turun dengan skuat di bawah usia 23 tahun dengan tambahan tiga pemain senior.

"Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF dan ini pertama kali di SEA Games. Thailand, Vietnam, dan Indonesia selalu jadi saingan," kata Shin Tae-yong.

"Kami memang kalah oleh Thailand di Final Piala AFF 2020, tetapi situasi kali ini berbeda. Ini turnamen untuk tim U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand," tambahnya.

Shin Tae-yong juga menyatakan bahwa Saddil Ramdani yang di dua pertandingan terakhir harus kembali ke klubnya Sabah FC sudah bergabung lagi di Vietnam. Kehadiran pemain kidal itu tentunya akan jadi tambahan kekuatan untuk lini serang Garuda Muda.

Artikel Tag: asnawi, Shin Tae-Yong, Sea Games, timnas Indonesia U-23, thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/asnawi-absen-vs-thailand-shin-tae-yong-percaya-dengan-kualitas-rio-fahmi
673  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini