Arjen Robben Umumkan Pensiun untuk Kedua Kalinya

Penulis: Rei Darius
Kamis 15 Jul 2021, 19:30 WIB
Arjen Robben pensiun untuk kedua kalinya.

Arjen Robben umumkan pensiun untuk kedua kalinya (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Legenda Bayern Munich dan mantan penyerang Chelsea dan Real Madrid, Arjen Robben, mengumumkan pensiun dari sepak bola untuk kedua kalinya pada usia 37 tahun.

Robben sebelumnya sudah pernah mengumumkan pensiun pada musim panas tahun 2019, setelah kontraknya habis bersama Bayern, namun memutuskan untuk turun gunung setahun kemudian untuk membela Groningen, klub tempatnya memulai karier pada tahun 2000 silam.

Kini kontraknya sudah habis, dan meskipun klub Eredivisie tersebut memberikan tawaran perpanjangan kontrak setahun lagi, ia memutuskan untuk pensiun secara permanen lantaran melalui musim 2020/2021 dengan mengalami banyak masalah cedera lagi.

Arjen Robben mengonfirmasi kabar yang beredar di media lewat akun media sosialnya, sekaligus menyampaikan pesan singkat kepada para pengikutnya.

"Kepada teman-teman saya di sepak bola, saya sudah memutuskan untuk menghentikan karier aktif sepak bola saya," demikian caption dalam pengumuman yang diunggah olehnya di Twitter.

"Sebuah pilihan yang sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang luar biasa. Salam, Arjen."

Robben melakoni debutnya untuk Groningen pada pertandingan kontra PSV Eindhoven bulan September tahun lalu, namun harus ditarik keluar setelah hanya bermain 28 menit karena mengalami cedera betis yang serius.

Mantan pemain tim nasional Belanda itu kemudian menghabiskan tujuh bulan berikutnya dalam proses pemulihan, sebelum kembali ke lapangan pada kekalahan kontra Heerenveen bulan April lalu. Ia menyudahi musim dengan hanya tujuh penampilan, namun sukses mengukir dua assist.

Sepanjang kariernya, Arjen Robben dikenal sebagai mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, yang melegenda bersama Bayern Munich. Ia mengukir 144 gol dan 101 assist dari 309 pertandingan selagi merengkuh 20 titel bergengsi, termasuk sebuah trofi Liga Champions dan delapan titel Bundesliga bersama Die Bavaria.

Bersama timnas Belanda, Robben mencatatkan total 37 gol dari 96 pertandingan. Ia merupakan pemain penting yang membawa skuat asuhan Bert van Marwijk melaju hingga final di Piala Dunia 2010 silam, sebelum dikalahkan oleh Spanyol dengan skor 0-1 di laga puncak. 

Artikel Tag: Arjen Robben, Groningen, Bayern Munich, Chelsea, Real Madrid

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/arjen-robben-umumkan-pensiun-untuk-kedua-kalinya
2516  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini