Arab Saudi Jadi Sponsor Piala Dunia Wanita, FIFA Dimintai Klarifikasi

Penulis: Depe Ptr
Kamis 02 Feb 2023, 11:00 WIB
Arab Saudi Jadi Sponsor Piala Dunia Wanita, FIFA Dimintai Klarifikasi

Piala Dunia Wanita / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Badan pengatur sepak bola Selandia Baru dan Australia meminta FIFA untuk 'segera mengklarifikasi' laporan bahwa otoritas pariwisata Arab Saudi akan menjadi sponsor resmi di Piala Dunia Wanita 2023.

Selandia Baru mengklaim belum berkonsultasi, begitu pula tuan rumah Piala Dunia, Australia, dan mengatakan 'terkejut serta kecewa' dengan laporan tersebut.

Amnesty International mengkritik kesepakatan potensial karena FIFA berusaha menarik brand yang secara khusus mendukung sepak bola wanita.

Badan Pengatur Sepak Bola Selandia Baru berkata: “Jika laporan ini terbukti benar, kami terkejut dan kecewa mendengar ini karena Sepak Bola Selandia Baru sama sekali belum dikonsultasikan dengan FIFA mengenai masalah ini.

”Sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia Wanita FIFA 2023, Sepak Bola Selandia Baru dan Sepak Bola Australia telah bersama-sama menulis surat kepada FIFA untuk segera mengklarifikasi situasi tersebut.”

Piala Dunia berlangsung dari 20 Juli hingga 20 Agustus di 12 kota di Selandia Baru dan Australia dan penyelenggara memperkirakan sekitar dua miliar orang akan menonton turnamen tersebut.

Arab Saudi telah dikritik karena catatan hak asasi manusianya dan dituduh 'mencuci olahraga' setelah berinvestasi besar-besaran dalam olahraga global. Pengambilalihan klub Liga Premier, Newcastle dan tur Golf LIV yang baru dibentuk, keduanya dibiayai oleh Dana Investasi Publik negara tersebut.

Kepala kampanye prioritas Amnesty International UK, Felix Jakens, mengatakan: “Penindakan keras terhadap hak asasi manusia di bawah Mohammed bin Salman telah melihat pembela hak-hak perempuan pemberani seperti Loujain al-Hathloul dipenjara, disiksa dan kemudian dilarang berbicara di depan umum atau pergi, jadi upaya terbaru yang dilaporkan untuk mencuci olahraga untuk catatan hak asasi manusia yang mengerikan di negara itu sangat menakjubkan sekaligus dapat diprediksi sepenuhnya.”

Artikel Tag: piala dunia wanita, FIFA, Arab Saudi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/arab-saudi-jadi-sponsor-piala-dunia-wanita-fifa-dimintai-klarifikasi
1223  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini