Apa Itu Pressing Trap? Ini Penjelasan Staf Analisis Persija Jakarta

Penulis: Dayat Huri
Senin 17 Okt 2022, 07:00 WIB
Pemain Persija Jakarta berupaya merebut bola dari tim lawan

Pemain Persija Jakarta berupaya merebut bola dari tim lawan/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pressing trap jadi istilah taktik sepak bola untuk berupaya merebut bola dari tim lawan. Staf analisis Persija Jakarta, Petrick Sinuraya coba memberikan penjelasan lebih terperinci terhadap istilah tersebut.

Menurut dia, pressing trap pada dasarnya trap adalah suatu kondisi yang mirip dengan offside trap. Keduanya adalah sebuah jebakan yang hasilnya akan merebut bola dari lawan.

"Intinya tim kita melakukan sesuatu tindakan yang di mana lawan tidak akan mengira akan terkena press. Tapi setelah lawan sudah melakukan suatu pergerakan yang mereka inginkan, tim kita langsung melakukan pressing," katanya seperti dikutip dari laman resmi klub Persija Jakarta.

Menurutnya, pressing trap tidak serta-merta langsung bisa dilakukan. Persiapan jebakan itu hampir mirip jebakan offside, yaitu dengan menciptakan kondisi tertentu yang membuat lawan terjebak dengan pressing tim.

"Contoh prakteknya anggap saja kita melawan tim yang menggunakan empat bek dan bek tengah kanannya tidak terlalu pandai untuk memegang bola. Jika skenarionya adalah goal kick dan kita mau pressing tinggi, maka tim kita akan menjaga semua bek kecuali pemain yang tidak pandai pegang bola itu. Dengan kondisi tersebut kiper akan terjebak dan langsung mengoper ke pemain yang tidak pandai pegang bola, di saat itu semua pemain kita langsung press ke pemain yang tidak dikawal tersebut," tutur Petrick.

Walaupun terdengar efektif, menurut analis yang mengidolakan Manchester United itu, tidak semua tim memakai pressing trap, sama seperti halnya offside trap. Jebakan tersebut digunakan tergantung tim yang akan dilawan.

"Yang sudah dijelaskan itu baru contoh simpelnya saja. Karena jika bermain dengan formasi yang berbeda, pasti cara pressing trap-nya akan berbeda juga. Tapi intinya adalah menjebak lawan agar mereka memainkan bola ke area tertentu," ucap Petrick mengakhiri pembicaraan.

Artikel Tag: persija jakarta, Petrick, Liga 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/apa-itu-pressing-trap-ini-penjelasan-staf-analisis-persija-jakarta
8999  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini