Antar Amerika Serikat Raih Perunggu, Carli Lloyd Cetak Sejarah di Olimpiade

Penulis: Rei Darius
Kamis 05 Agu 2021, 19:00 WIB
Carli Lloyd ukir sejarah usai antar AS raih perunggu.

Carli Lloyd cetak sejarah di Olimpiade Tokyo 2020 (Image: BR Football)

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade: Carli Lloyd menciptakan sejarah di laga perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, setelah mengantarkan Amerika Serikat mengalahkan Australia 4-3, Kamis (5/8) sore tadi WIB.

Penyerang Gotham FC tersebut mencetak gol ketiga dan keempat AS dalam pertandingan perebutan medali perunggu cabor sepak bola putri di Olimpiade Tokyo 2020. Itu menambahkan koleksi medalinya setelah merebut emas pada Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 silam.

Carli Lloyd kini menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim putri AS di Olimpiade dengan torehan 10 gol, sekaligus menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol untuk The Stars and Stripes dalam empat ajang Olimpiade berbeda, setelah melakukannya di 2008, 2012, dan 2016.

Lebih jauh lagi, sang pemain berusia 39 itu juga mencatat sejarah sebagai pemain dengan caps terbanyak kedua sepanjang sejarah tim sepak bola putri Amerika Serikat, setelah Kristine Lilly.

Lloyd, dari 23 tahun kariernya di sepak bola internasional, telah mencatatkan 312 penampilan untuk timnas putri, hanya kalah dari Lilly yang tampil 354 kali untuk Negeri paman Sam tersebut.

Medali perunggu mungkin bukan yang diharapkan oleh AS ketika turnamen ini dimulai, namun tetap bisa menjadi penghiburan, setelah penampilan mereka yang mengejutkan di Tokyo 2020.

Setelah catatan 44 pertandingan tak terkalahkan mereka diputus oleh Swedia pada partai pembuka Grup G, Lloyd dan kolega berhasil bangkit hingga mencapai empat besar. Namun kesialan menimpa sang juara Piala Dunia 2019, setelah ditaklukkan oleh Kanada dengan skor 0-1 lewat gol penalti kontroversial.

Di partai perebutan tempat ketiga ini, AS unggul cepat lewat Megan Rapinoe pada menit kedelapan. Meskipun sempat disamakan oleh Sam Kerr, mereka unggul lagi pada menit ke-21, kembali lewat Rapinoe. Lloyd memperlebar keunggulan menjelang jeda turun minum, sebelum menyempurnakan dwigolnya enam menit setelah babak kedua dimulai.

Namun mereka sempat terbuai hingga Australia sukses mencetak dua gol penyusul dan berselisih hanya satu gol. Beruntung, tak ada gol penyeimbang hingga laga berakhir dan perunggu tetap menjadi milih skuat asuhan Vlatko Andonovski.

Hasil perebutan medali perunggu sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020, Kamis, 5 Agustus 2021

Australia 3-4 Amerika Serikat — (Sam Kerr 17', Caitlin Foord 54', Emily Gielnik 90+1'; Megan Rapinoe 8', 21', Carli Lloyd 45+1', 51')

Artikel Tag: Carli Lloyd, Amerika Serikat, olimpiade tokyo, Australia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/antar-amerika-serikat-raih-perunggu-carli-lloyd-cetak-sejarah-di-olimpiade
622  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini