Angers SCO Melesat di Kasta Tertinggi Prancis

Penulis: Stefanus Toni
Kamis 08 Okt 2015, 20:41 WIB
Angers SCO Melesat di Kasta Tertinggi Prancis

Billy Ketkeophomphone, pemain Angers asal Laos.

Ligaolahraga.com -

LigaOlahraga.com - Terdapat sebuah anomali di papan atas klasemen sementara Ligue 1 2015/16. Peringkat teratas memang masih dikuasai oleh PSG, tapi klub yang mengekor di peringkat kedua bukan lagi tim-tim tradisional semacam Bordeaux, Lyon, atau Marseille, melainkan Angers SCO.

Wajar bila sebagian besar penikmat sepak bola di tanah air merasa asing saat mendengar nama Angers. Klub asal kawasan Prancis Barat itu merupakan salah satu dari tiga tim yang meraih tiket promosi setelah 21 musim berkutat di luar Ligue 1, yaitu Ligue 2 dan Championnat National.

 

Kali terakhir Angers mencicipi kompetisi kasta teratas di Negeri Menara Eiffel yakni pada edisi 1993/94. Catatan sejarah menyebutkan prestasi terbaik dari pemilik Stadion Jean-Bouin berkapasitas 18.000 penonton itu adalah peringkat keempat di 1971/72.

 

Musim ini, Angers terbilang melakukan lompatan besar. Mereka sanggup mengantongi 18 poin berkat lima kemenangan plus tiga kali imbang dalam sembilan pertandingan kendati hanya bermodalkan materi pemain yang jauh dari kesan mewah.

 

Nama-nama seperti Thomas Mangani, Yoann Andreu, Abdoul Camara, dan Billy Ketkeophomphone jelas bukan pesepak bola kelas satu. Akan tetapi, Angers memiliki satu senjata andalan yang membuat mereka sukses merangkak ke papan atas klasemen sementara.

 

"Mustahil kami bisa menempati posisi seperti sekarang dan meraih hasil positif di atas lapangan tanpa solidaritas dan kerja sama tim. Penting bagi kami untuk terus mempertahankan hal tersebut," ujar pelatih Angers, Stephane Moulin, seperti dikutip dari France 3.

 

Meski mengandalkan kesolidan tim, fenomena Angers tetap saja memunculkan beberapa pemain yang patut dicermati karena menampilkan performa prima. Salah satu personel andalan ternyata berasal dari Asia Tenggara, yaitu Billy Ketkeophomphone.

 

Striker berkebangsaan Laos itu selalu bermain dalam sembilan laga, dengan perinciaan enam kali sebagai starter dan tiga kali menjadi pemain pengganti. Di pertandingan terkini kontra Bastia, Sabtu (3/10), Billy mencetak gol kemenangan Angers.

 

Menarik disimak bagaimana kelanjutan perjalanan Angers dan Billy di Ligue 1. Andaikan mampu menjaga konsistensi, bukan tidak mungkin mereka bakal finis di papan atas, bahkan meraih tiket lolos ke Liga Champion musim depan.

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/angers-sco-melesat-di-kasta-tertinggi-prancis
2257  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini