Amali Akan Segera Lakukan Audit Stadion, Pintu Keluar Masuk Jadi Perhatian

Penulis: Dayat Huri
Jumat 07 Okt 2022, 04:00 WIB
Menpora RI Zainudin Amali

Menpora RI Zainudin Amali/foto dok Arema FC

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali mengaku akan segera melakukan audit terhadap stadion-stadion yang digunakan untuk menggelar pertandingan Liga 1, Liga 2, atau pun dan Liga 3 Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan stakeholder olahraga dengan agenda evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan penyelenggaraan sepak bola Indonesia, Kamis (6/10) sore.

Menurut Amali, audit terhadap stadion-stadion yang ada di Indonesia itu juga sesuai sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan langsung ke Stadion Kanjuruhan, beberapa waktu lalu.

"Stadion-stadion yang digunakan adalah milik dari pemerintah daerah, milik dari kabupaten kota atau provinsi, sesuai dengan arahan bapak presiden khususnya pada saat beliau di stadion Kanjuruhan kemarin kebetulan saya mendampingi akan dilakukan audit secara menyeluruh terhadap keberadaan stadion-stadion itu yang digunakan oleh klub-klub baik Liga 1 Liga 2 dan Liga 3," kata Menpora Amali seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan prioritaskan stadion-stadion yang sedang eksisting digunakan. Kemduian setelah semua sudah selesai baru kita akan perluas ke stadion lain milik pemda.

"Hal-hal yang diutamakan (dalam audit ini) terutama tentang pintu keluar dan masuk, kemudian tempat-tempat lain yang perlu mendapatkan perhatian," katanya.

Dalam rapat tersebut juga dibahas terkait dengan suporter. Menurutnya, selama ini keberadaan suporter belum tersentuh secara serius meskipun sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

"Itu sudah ada pasal-pasal yang mengatur itu dan sudah ada hak dan kewajibannya. Tapi mungkin belum tersosialisasi dengan baik kepada supporter, para penonton kita. Maka, itu akan menjadi tugas dari PSSI dan elemen-elemen yang kaitan dengan itu," katanya.

Di samping itu, dalam rapat tersebut, para suporter masing-masing menyampaikan komitmen untuk tidak menggunakan istilah-istilah yang dikonotasikan permusuhan misalnya antara pendukung tim yang satu dengan tim yang lain. Misalnya antara Persija dan Persib, ataupun antara pendukung Persebaya dengan Arema.

"Hari ini semua punya tekad bersama untuk memperbaiki ke depannya dan semua merasa bahwa bagian dari sepak bola," jelas Amali.

Artikel Tag: amali, Liga 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/amali-akan-segera-lakukan-audit-stadion-pintu-keluar-masuk-jadi-perhatian
706  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini