Alasan Robert Tetap Rutin Beri Kesempatan Tampil Bagi Vizcarra

Penulis: M. Aldi
Rabu 03 Nov 2021, 04:00 WIB
Esteban Vizcarra ketika menghadapi PSIS

Esteban Vizcarra (foto : Liga Indonesia Baru)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Performa Esteban Vizcarra di skuat Persib kerap menuai komentar miring dari Bobotoh. Tapi Robert Rene Alberts punya alasan kenapa dia tetap rutin memberi menit bermain bagi sang pemain.

Dengan status sebagai pemain naturalisasi tentu menjadi suatu keuntungan memiliki Vizcarra. Apalagi pemain yang berusia 35 tahun tersebut dikenal punya kemampuan bagus dalam mengolah bola. Terutama pada masa emasnya bersama Semen Padang atau Arema.

Hanya saja bersama Persib, penampilan pemain kelahiran Argentina itu belum sesuai ekspektasi suporter. Aksinya malah sering jadi bahan olok-olokan. Tetapi Robert Rene mempunyai penilaian lain dan sering memasangnya sebagai starter.

Memang secara kemampuan individu, ada penurunan karena sang pemain sempat mengalami cedera serius musim 2019. Saat itu, ia harus menjalani operasi pengangkatan loose bodies dan membuatnya absen lama, hingga sentuhan saat bermain sempat memudar.

"Esteban adalah pemain yang berkualitas namun mengalami cedera parah dua tahun lalu dan butuh waktu lama untuk kembali pulih. Tapi dia adalah pemain yang profesional, dan dia pantas mendapat menit bermain," kata sang juru racik taktik ketika diwawancara.

Dari sisi taktik juga penampilan pemilik nomor punggung 10 masih berfungsi. Kemampuan dia dalam mengolah bola, melakukan cut inside dan dribble yang bagus bisa membuka ruang bagi rekan satu tim.

Dia juga dipandang Robert bisa melakukan kombinasi dan operan menuju area yang sempit. Kemampuan itu menurutnya memang tidak banyak disadari oleh penonton. Namun punya dampak yang positif bagi permainan di tim.

Vizcarra juga bisa dijadikan 'pancingan' oleh pelatih. Pergerakannya difokuskan untuk menguras stamina lawan. Setelah itu pemain dengan kecepatan dan kaki yang masih segar seperti Frets Butuan dimasukan babak kedua untuk memanfaatkan situasi.

"Dia juga berpengaruh kepada permainan tim, karena bisa menahan bola, melepaskan operan ke area yang sempit dan kami juga punya pengganti yang bagus saat permainan dia mulai melambat," tutur pelatih asal Belanda tersebut.

Grafik meningkat juga diperlihatkan oleh winger dengan wajah baby face tersebut. Karena satu assist sudah bisa dihasilkannya musim ini. Dia juga nampak lebih langsing karena latihan keras dan disiplin mengikuti arahan dari nutritionist.

"Jadi dia juga nampak turun berat badannya karena kami punya program latihan yang bagus, pemain tahu apa yang harus mereka konsumsi dan itu harus mereka perhatikan," tandas Robert Rene Alberts.

Artikel Tag: esteban vizcarra, Persib, robert rene alberts

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/alasan-robert-tetap-rutin-beri-kesempatan-tampil-bagi-vizcarra
504  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini