Alasan Bojan Pilih Taktik Serangan Balik Jadi Andalan Persib

Penulis: M. Aldi
Kamis 13 Jun 2024, 22:00 WIB
Bojan Hodak punya alasan pilih andalkan taktik serangan balik

Pemain Persib ketika merayakan gol

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Kesuksesan Persib menjadi juara tidak lepas dari racikan taktik sang pelatih. Bojan Hodak menerapkan strategi serangan balik yang jadi senjata tim meraih trofi Liga 1 2023/2024.

Efisiensi serangan jadi kunci meski penguasaan bola Maung Bandung selalu kalah dari lawan. Ketika lawan lengah, counter attack cepat akan dilancarkan David da Silva dan kawan-kawan.

Dari 38 laga yang dimainkan di regular series serta championship series, 75 gol dihasilkan Persib. Angka ini menempatkan Maung Bandung sebagai tim tersubur. Bojan Hodak pun bicara soal alasannya memakai skema serangan balik sejak menahkodai tim di pekan ke-6.

Sebenarnya komposisi tim yang ada disiapkan bermain dengan gaya tiki-taka ala Spanyol saat diasuh Luis Milla. Namun cara tersebut kurang efektif, terlihat dari catatan kurang baik di awal musim.

"Anda harus menerapkan taktik berdasarkan pemain yang dimiliki. Jadi jika anda ingin melihat kami bermain dengan build up, bermain indah, mereka memainkan itu sebelumnya dan tidak berfungsi," kata Bojan ketika diwawancara belum lama ini.

Masuk sebagai pelatih pengganti, dia melihat perlu dilakukan perubahan gaya bermain. Setelah menjalani proses penyesuaian, akhirnya pemain paham dan pola tersebut membawa tim naik di peringkat klasemen.

Taktik serangan balik juga moncer di fase play off menuju tangga juara. Dari dua laga semifinal serta dua laga final, Persib tidak terkalahkan. Selain 10 gol tercipta, lawan juga kesulitan memberi ancaman dari peluang-peluangnya.

"Jadi yang pertama itu adalah melihat apa yang tepat untuk kami gunakan dan kami sekarang melakukan itu. Dan pada akhirnya, dari empat laga (di championship series) mereka (lawan) bisa menguasai bola tapi tak cukup berbahaya," kata Bojan Hodak.

Memang secara penguasaan bola, Persib kalah jumlah persentase. Tapi dominasi lawan juga tidak berdampak apa-apa karena minim kesempatan melepaskan tembakan dari ruang yang terbuka.

Sebaliknya, Maung Bandung begitu berbahaya ketika mendapatkan bola dan melakukan transisi menyerang. Buktinya kemenangan telak dengan skor agregat 6-1 didapat ketika melawan Madura United di final.

"Jika anda lihat, mereka hanya mempunyai satu shoot on target. Berikutnya ada beberapa peluang tapi itu kebanyakan dari set piece. Selain itu, mereka tidak banyak memiliki peluang terbuka. Pelatih menerapkan taktik berdasarkan pemain yang dimiliki," tukasnya.

Artikel Tag: bojan hodak, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/alasan-bojan-pilih-taktik-serangan-balik-jadi-andalan-persib
4187  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini