AIA Sebut Hadiah Penalti untuk Juventus Kontra Milan Tepat, Ini Alasannya

Penulis: Nur Afifah
Minggu 16 Feb 2020, 13:04 WIB
AIA Sebut Hadiah Penalti untuk Juventus Kontra Milan Tepat, Ini Alasannya

Davide Calabria vs Cristiano Ronaldo (Sumber: GettyImages)

Berita Liga Italia: AIA atau Asosiasi Wasit Italia menetapkan bahwa keputusan Paolo Valeri memberikan hadiah penalti untuk Juventus pada leg pertama babak semifinal Coppa Italia melawan AC Milan Jum'at (14/2) dini hari lalu adalah tepat.

Penalti yang dihadiahkan kepada Bianconeri dalam bentrok kontra Rossoneri telah menjadi topik panas dalam beberapa hari terakhir. Banyak yang meyakini Davide Calabria seharusnya tidak melakukan pelanggaran atas handball yang dilakukannya, sementara wasit memiliki pandangan berbeda.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh La Gazzetta dello Sport edisi Sabtu (15/2) kemarin, AIA menganggap bahwa keputusan Valeri sebagai tindakan yang tepat. Pada faktanya, ada perbedaan penting antara kejadian tersebut dengan insiden Alberto Cerri dalam bentrok Cagliari dengan Brescia, yang banyak diasosiasikan.

Dalam pertandingan tersebut, hadiah penalti dijatuhkan lantaran Cerri berada pada situasi serupa, yang lantas dianggap keliru oleh AIA. Kendati demikian, menurut surat kabar tersebut, ada perbedaan besar dalam dinamika dengan Calabria.

Sikap dan postur bek Milan, yang dengan melompat, sambil melebarkan lengan dan kakinya untuk menghalangi tembakan Cristiano Ronaldo, lalu meningkatkan jangkauan tubuhnya. Di sisi lain, Cerri melompat untuk meraih bola tetapi kemudian melewatkannya sebelum bola pantul membentur lengannya.

Alhasil, AIA memutuskan bahwa keputusan Valeri atas insiden Calabria dalam duel Rossoneri kontra Juventus memang sudah tepat. Terlebih sebelumnya wasit juga berkonsultasi dengan VAR.

Artikel Tag: AC Milan, Juventus, Coppa Italia, AIA

4351  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini