5 tahun pecah, Bonekmania dan Bonek 1927 Bersatu.

Penulis: Rio
Kamis 12 Nov 2015, 21:35 WIB
5 tahun pecah, Bonekmania dan Bonek 1927 Bersatu.

Para Bonekmania Kembali Akur

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Dualisme yang terjadi antara Bonekmania dan Bonek 1927 sejak 2010 membelah semua elemen sepak bola di Surabaya menjadi dua kubu yang berseberangan, termasuk suporter. Hampir lima tahun lamanya dua kubu suporter ini pecah, Ada Bonekmania pro Persebaya ISL dan Bonek 1927 pendukung Persebaya IPL.

Meski permusuhan itu tak tampak di permukaan, perbedaan misi yang diusung membuat hubungan di antara Bonekmania tak harmonis, terutama di level akar rumput. Perang sindiran serta hujatan sangat marak di media sosial kala itu. Mereka menyalahkan satu sama lain dan saling mengklaim klub yang mereka dukung adalah yang paling berhak berkompetisi di kasta tertinggi Tanah Air. Dilansir Bola.com

Di dalam gerbong Bonek pendukung Persebaya ISL ada H. Imron, Hamin Gimbal, Devara Noumanto, dan Octo Tyzon, Sementara di kubu Bonek 1927 ada Andie Peci, Joner, dan Hasan Tiro. Mereka berjuang di jalur masing-masing dengan keyakinan yang berbeda pula.

Puncaknya, kedua kubu nyaris bentrok ketika terjadi pemukulan Komisaris PT Persebaya Indonesia, Saleh Ismail Mukadar, dalam acara talkshow di salah satu stasiun televisi lokal Surabaya pada 17 April 2015

Ucapan Cholid menyinggung perasaan Bonek 1927. Hingga membuat ribuan masa Bonek 1927 yang tersulut amarah berkumpul di depan markas besar Bonekmania pro Persebaya ISL. Yang mereka inginkan hanya agar manajemen PT Persebaya Indonesia segera menyelesaikan tunggakan gaji pemain, pelatih, dan ofisial tim pada 2013. Setelah berkumpul mereka  melakukan penyerangan serta aksi pelemparan yang mengakibatkan sejumlah genteng mabes M. Hamin Gimbal cs. pecah.

Di pihak lain, Bonek pro Persebaya ISL dikecewakan keputusan manajemen PT Mitra Muda Inti Berlian (PT MMIB) yang mengganti nama Persebaya menjadi Surabaya United di Piala Jenderal Sudirman. Tak berbeda dengan Bonek 1927, Bonekmania juga merasa diabaikan.

Tampaknya, kekecewaan yang dirasakan membuat kedua kubu merasa dikhianati. Kesamaan rasa inilah yang memicu membaiknya hubungan di antara mereka. Puncaknya, dedengkot Bonek berkumpul di acara HUT Yayasan Suporter Surabaya, di Markas Besar Bonekmania yang berada di kawasan Jl. Raya Darmo, Surabaya.

"Kami tidak akan mendukung Persebaya 1927 atau Surabaya United karena kami pendukung Persebaya Surabaya. Teman-teman Bonek yang dulu pro Persebaya 1927 tampaknya memiliki kesamaan pandangan dengan kami," ujar Hamin Gimbal.

Joner, Andie Peci, Hasan Tiro, dan korwil di bawah mereka menghadiri undangan perayaan HUT YSS ke-21. Mereka berada di panggung yang sama, bernyanyi, dan berjoget bersama. Di atas panggung mereka berikrar untuk bersatu dan hanya mendukung Persebaya, bukan Persebaya 1927 atau Surabaya United.

Ungkapan senada dilontarkan Andie Peci. "Kami sudah lama ingin bersatu seperti dulu. Jangan ada permusuhan karena kami sama-sama ingin sepak bola Surabaya maju," imbuhnya.

Artikel Tag: bonek 1927, bonekmania, surabaya united

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/5-tahun-pecah-bonekmania-dan-bonek-1927-bersatu
7197  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini