5 Manajer Tersukses Chelsea Selama Era Roman Abramovich, Termasuk Tuchel!

Penulis: A Mahfuda
Rabu 01 Jun 2022, 22:56 WIB
Pelatih Chelsea saat ini, Thomas Tuchel (Sumber: NurPhoto)

Pelatih Chelsea saat ini, Thomas Tuchel (Sumber: NurPhoto)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Era Roman Abramovich di Chelsea kini sudah resmi berakhir. Pria asal Rusia tersebut membawa kesuksesan luar biasa bagi klub London Barat dengan berbagai manajer selama 19 tahun kepemilikannya.

Mereka total telah memenangkan 21 trofi sejak Roman Abramovich membeli klub pada 2003 silam. Luar biasanya, dalam kurun waktu tersebut Chelsea berhasil mengoleksi segala jenis trofi utama yang bisa mereka dapatkan.

The Blues juga memiliki 12 manajer permanen selama era Abramovich, dengan bos saat ini Thomas Tuchel akan mengawali kepemilikan baru Todd Boehly dan konsorsiumnya di Stamford Bridge.

Dirangkum oleh SportsIllustrated, berikut adalah lima manajer tersukses CheIsea sepanjang kepemimpinan Abramovich.

1. Jose Mourinho 2004-2007

Pelatih asal Portugal itu merupakan penunjukan permanen Abramovich di London barat, setelah memecat Claudio Ranieri pada akhir musim 2003-04.

Keputusan tersebut terbukti berhasil mengantarkan kesuksesan jangka panjang bagi mereka, dengan CheIsea memenangkan gelar Premier League berturut-turut.

Mereka juga menjuarai Piala FA dan dua gelar Piala Liga Inggris selama periode pertama Mourinho di klub, yang berlangsung lebih dari tiga tahun.

Penunjukan pelatih berjuluk “The Special One” itu sekaligus menjadi awal dominasi The Blues di sepakola Inggris dan Mourinho sendiri secara luas dianggap sebagai manajer terhebat sepanjang masa di Stamford Bridge.

2. Thomas Tuchel 2021-Sekarang

Setelah pemecatan Frank Lampard pada awal tahun lalu, Tuchel didatangkan untuk menggantikan sang legenda klub.

Namun hanya empat bulan setelah dia bergabung, dia sukses membawa klub meraih gelar Liga Champions kedua mereka, mengalahkan Manchester City 1-0 dalam partai final di Porto.

Dia juga membimbing mereka menuju kemenangan di Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub selama 16 bulan bertugas, yang akhirnya membuat The Blues menyelesaikan set lengkap trofi utama mereka.

Boehly dan konsorsiunya pun kini mempertahankan pelatih asal Jerman tersebut.

3. Carlo Ancelotti 2009-2011

Usai mengangkat trofi Piala FA di musim sebelumnya dengan manajer sementara Guus Hiddink, Carlo Ancelotti ditunjuk sebagai manajer Chelsea. Pelatih asal Italia itu memiliki rekam jejak yang mengesankan di AC Milan sebelum pindah ke Stamford Bridge.

Dan dia mampu membawa lebih banyak kesuksesan ke klub London Biru pada musim perdananya, di mana ia berhasil merengkuh gelar ganda dengan kemenangan di Premier League dan Piala FA.

Pada musim berikutnya mereka finis di tempat kedua Premier League, tapi Abramovich memecatnya setelah memandang musim tersebut mengecewakan.

4. Roberto Di Matteo 2012

Legenda klub Roberto Di Matteo, yang membuat 166 penampilan untuk The Blues, awalnya didatangkan untuk sementara pada Maret 2012, tetapi penunjukannya dibuat permanen pada musim panas tahun tersebut.

Hal itu tak lain karena dampak instan yang dia berikan, dengan CheIsea mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka di bawah bimbingan pelatih asal Italia tersebut, serta gelar Piala FA ketujuh mereka.

Perjalanan mereka di pentas Eropa pun menjadi momen-momen bersejarah bagi klub, termasuk ketika mereka membuat comeback melawan Napoli, gol menit terakhir dari Fernando Torres melawan Barcelona di Camp Nou, dan penalti kemenangan Didier Drogba di final kontra Bayern Munich.

5. Antonio Conte 2016-2018

Menyusul musim 2015-16 yang sangat suram bagi Chelsea, Antonio Conte didatangkan sebagai manajer baru di klub.

Setelah kalah 0-3 dari Arsenal pada awal musim, pelatih asal Italia itu mengubah formasi tim menjadi sistem 3-4-3 dan berdampak signifikan hingga akhirnya mereka sukses mengangkat trofi Premier League.

Dia juga memenangkan Piala FA pada musim berikutnya, namun dia dipecat karena gagal membuat The Blues tetap bersaing untuk gelar liga dan hanya finis di tempat kelima.

Artikel Tag: Chelsea, Thomas Tuchel, Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Roberto Di Matteo

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/5-manajer-tersukses-chelsea-selama-era-roman-abramovich-termasuk-tuchel
1085  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini