5 Kekalahan Pahit The Only One

Penulis: Hendy
Senin 24 Mar 2014, 14:15 WIB
5 Kekalahan Pahit The Only One

5 Kekalahan Pahit The Only One

Jose Mourinho merupakan pelatih yang syarat akan kontroversi. Tindak tanduk pelatih asal Portugal ini sering kali menjadi berita bagi awak media, bahkan menjadi bahan lelucon. Namun dibalik kontroversinya, sebanding dengan percapaian Mourinho selama ini. Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid telah merasakan sentuhan sang pelatih, hingga meraih banyak trophy yang terbagi untuk masing-masing klub yang pernah dilatih Mourinho.

Namun dibalik kesuksesan pelatih berjuluk The Only Oneini, terdapat beberapa catatan kekalahan yang tidak menyenangkan. Kekalahan dengan margin gol cukup banyak menjadikan rapor merah sepanjang karir pelatih yang kini kembali menukangi klub asal London, Chelsea FC.

Berikut 5 kekalahan menyedihkan dalam karir Mourinho;

1. Porto 1-3 Real Madrid (Oktober 2003)

FC Porto harus berhadapan dengan Real Madrid dalam babak penyisihan grup Liga Champion Eropa musim 2003/2004. Kala itu Mourinho merupakan pelatih dari FC Porto. Dengan mengandalkan beberapa pemain bintangnya seperti Carvalho, Bosingwa, Maniche, Deco, McCharty, Porto masih belum sanggup mengalahkan skuad Los Galacticos asal Spanyol tersebut. Porto harus takluk di kandangnya dengan skor cukup telak 1-3. Satu gol dari Costinha tak cukup untuk membalas tiga gola Madrid, yang dicetak Helguera, Solari, dan Zidane.

2. Middlesbrough 3-0 Chelsea (Februari 2006)

Saat mengarsiteki klub asal Kota London ini, Mourinho langsung mempersembahkan beberapa gelar bagi Jhon Terry dkk, salah satunya adalah juara liga Inggris. Namun dibalik prestasi manisnya, Mourinho mempunyai kekalahan yang cukup mengejutkan. Meski sempat kalah dari  Manchester City dan Manchester United, kekalahan dari tuan rumah  Middlesbrough merupakan kejutan.

"Kami kalah dari Manchester City dan tidak layak mendapatkannya, kami kalah di Manchester United dan tidak layak mendapatkannya. Kami kalah hari ini 3-0 dan kami layak mendapatkannya”, ujar Mourinho kepada BBC Sport.

3. Barcelona 5-0 Real Madrid (November 2010)

Menjadi pelatih Real Madrid dengan skuad mega bintang macam Ronaldo, Ozil, Di Maria, Benzema, Xabi, Ramos, dan Casillas, tak lantas membuat mudah tugas Mourinho. Untuk pertama kalinya menjalani laga El Clasico di kandang Barcelona, Mourinho langsung mencatat rekor buruk. Real Madrid harus menelan kekalahan telak 5-0 dari Barcelona.

Lima gol Barca dicetak oleh Xavi, Pedro, Jeffren, dan dua gol David Villa. Pertandingan tersebut seolah menjadi pertanyaan atas reputasi serta kualitas dari seorang Jose Mourinho.

4. Borussia Dortmund 4-1 Real Madrid (April 2013)

Pada Liga Champions musim 2012-13, banyak pihak memprediksi bahwa dua tim asal Spanyol yaitu Real Madrid dan Barcelona akan bertemu di laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, Inggris. Namun nyatanya duo La Liga tersebut malah disingkirkan oleh duo Bundesliga, Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Barcelona menyerah setelah ditundukkan oleh Bayern dalam semi final dengan agregat gol 7-0.

Nasib tragis juga harus ditelan klub asuhan Jose Mourinho, setelah tersingkir oleh Dortmund. Meski berhasil menang 2-0 pada laga kedua di Santiago Bernabeu, tidak cukup membuat lolos Madrid ke babak final. Karena pada pertandingan pertama di kandang Dortmund, Signal Iduna Park, Ronaldo dkk ditekuk dengan skor 4-1. Keempat gol Dortmund diborong oleh penyerang andalannya, Robert Lewandowski.

5. Tottenham 5-3 Chelsea (Januari 2015)

Dua gol dari Harry Kane, dan satu gol masing-masing dari Danny Rose, Andros Townsend, dan Nacer Chadli membuat Chelsea tersungkur di kandang Tottenham, White Hart Lane. Meski Chelsea sempat membalas tiga gol melalui Costa, Hazard, dan Terry, tak dapat menghapus malu anak asuh Mourinho. Meski kekalahan tersebut tak menggoyah posisi Chelsea, yang sementara ini menjadi pemuncak klasemen Liga  Primer Inggris 2014/2015.

Ini merupakan kekalahan kedua Mourinho dengan kebobolan lima gol sepanjanhg karir sang pelatih berjuluk The Only One tersebut.

1546  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini