30 Tahun Lagi, Wasit Bakal Punah dari Dunia Sepak Bola

Penulis: Demos Why
Rabu 06 Sep 2023, 05:46 WIB
Mantan wasit sepak bola, Mike Dean.

Mantan wasit sepak bola, Mike Dean. (Foto: Clive Rose)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Kepala eksekutif Soccerment, Aldo Comi, memprediksi dalam 20 hingga 30 tahun ke depan pertandingan sepak bola tidak akan dipimpin oleh wasit manusia. Diganti robot?

Kecerdasan buatan sudah menjadi hal yang menonjol dalam dunia perwasitan dengan penggunaan VAR dan teknologi garis gawang, namun hal ini diperkirakan akan semakin meningkat di masa depan.

Dengan semakin banyaknya data berkualitas tinggi yang tersedia, memungkinkan pertandingan sepak bola dipimpin oleh mesin bertenaga AI, sehingga tidak lagi membutuhkan wasit manusia di lapangan.

"Visi komputer akan semakin efektif dalam beberapa tahun ke depan dan jumlah kamera di lapangan akan terus bertambah," ujar Aldo Comi, kepala eksekutif penyedia analisis sepakbola global terkemuka Soccerment kepada kantor berita PA.

"Jumlah data yang ditandai dan kualitas model yang dilatih dengan data tersebut akan meningkat secara eksponensial dan berkat itu, Anda akan memiliki model AI yang dapat membuat keputusan wasit berdasarkan apa yang mereka lihat di lapangan."

"Jadi kita mungkin akan sampai pada titik di mana kita tidak membutuhkan wasit sama sekali dalam sebuah pertandingan."

"Sebelum itu, Anda mungkin akan memiliki wasit tetapi tidak memiliki hakim garis, mungkin mereka akan menjadi orang pertama yang menghilang dari permainan. Dan Anda akan memiliki wasit yang terhubung dengan asisten virtual, membimbing mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik."

"Pada akhirnya dalam hitungan 20 atau 30 tahun lagi mungkin wasit akan digantikan oleh AI. Saya tidak mengatakan ini positif, saya hanya mengatakan bahwa hal itu mungkin saja terjadi."

Peningkatan AI dan pembelajaran mesin dalam sepak bola tidak akan terbatas pada perwasitan dan sudah ada dalam permainan. Penggunaan analitik data telah membantu tim-tim seperti Brighton dan Brentford mendobrak sistem yang sudah mapan di Premier League, karena mereka telah menemukan pemain-pemain berkualitas tinggi yang kemudian mereka jual untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan memanfaatkan teknologi tersebut.

Artikel Tag: Sepak Bola, aldo comi, wasit

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/30-tahun-lagi-wasit-bakal-punah-dari-dunia-sepak-bola
759  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini