22 Tim Berkompetisi, AFC Resmikan Kompetisi Liga Champions Wanita

Penulis: Depe Ptr
Sabtu 15 Jun 2024, 18:27 WIB
22 Tim Berkompetisi, AFC Resmikan Kompetisi Liga Champions Wanita

Urawa Reds Ladies vs Tokyo Verdy Beleza via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi mengumumkan dimulainya Liga Champions Wanita Asia perdana pada bulan Agustus mendatang.

Kompetisi yang melibatkan 22 tim dari berbagai negara di benua ini akan memperebutkan hadiah utama sebesar 1,3 juta dollar AS, menjadikannya hadiah terbesar untuk klub sepak bola wanita di Asia.

Dalam pernyataannya pada Jumat (14/06), AFC menyampaikan bahwa masing-masing satu klub dari 22 negara di seluruh Asia akan berpartisipasi dalam kompetisi baru ini.

Di antara peserta, termasuk pemenang Kejuaraan Klub Wanita Asia yaitu Urawa Red Diamonds Ladies dari Jepang, yang mendapatkan tiket otomatis ke fase grup. Urawa bergabung dengan tim-tim dari Korea Utara, Australia, Tiongkok, Korea Selatan, Vietnam, Filipina, dan Taiwan sebagai perwakilan dari delapan asosiasi anggota dengan peringkat tertinggi.

Format Kompetisi

Kompetisi Liga Champions Wanita Asia dibagi menjadi beberapa fase yang dimulai dengan babak penyisihan. Sebanyak 14 klub yang tidak masuk dalam delapan besar asosiasi anggota akan bermain di babak penyisihan yang terdiri dari empat grup. Babak ini akan diadakan dalam format terpusat dari tanggal 25 hingga 31 Agustus, pertandingan akan digelar di Yordania, Malaysia, Arab Saudi, dan Thailand. Empat pemenang grup dari babak penyisihan akan melaju ke fase grup berikutnya.

Di fase grup kedua, delapan tim yang lolos otomatis akan bergabung dengan empat pemenang grup dari babak penyisihan. Tim-tim ini akan dibagi menjadi tiga grup yang terdiri dari empat tim, yang akan saling berhadapan di Tiongkok, Vietnam, dan satu venue lainnya yang belum ditentukan. Pertandingan fase ini dijadwalkan berlangsung dari 6 hingga 12 Oktober.

Dari fase grup kedua, dua tim teratas dari masing-masing grup dan dua runner-up terbaik akan melaju ke babak perempat final. Babak perempat final akan digelar pada bulan Maret tahun depan, sementara semifinal dan final dijadwalkan berlangsung pada 21 Mei dan 24 Mei.

Artikel Tag: Liga Champions Wanita, AFC, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/22-tim-berkompetisi-afc-resmikan-kompetisi-liga-champions-wanita
4163  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini