Wahyu Widayat Jati Resmi Jadi Pelatih RANS PIK

Penulis: Senja Hanan
Kamis 02 Nov 2023, 12:01 WIB
Wahyu Widayat Jati Resmi Jadi Pelatih RANS PIK

Wahyu Widayat Jati Resmi Jadi Pelatih RANS PIK

Ligaolahraga.com -

Berita Basket IBL: Setelah dinantikan, RANS PIK Basketball akhirnya memperkenalkan pelatih barunya. Kali ini sosok yang datang sudah tidak asing lagi di dunia kepelatihan IBL. Dia adalah Wahyu Widayat Jati.

Berbicara soal prestasi timnas terutama di dunia kepelatihan, maka sudah banyak yang tahu. Seperti medali perak SEA Games 2015 bersama timnas putri, dengan tugas sebagai asisten pelatih dari Bambang Asdianto Pribadi, yang notabene musim lalu menjadi pelatih RANS. Kemudian ada medali perak SEABA 2017 sebagai pelatih timnas putra, medali perak SEA Games 2017 sebagai pelatih, sampai akhirnya prestasi tertinggi adalah mendapatkan medali emas SEA Games 2021 sebagai asisten pelatih dari Milos Pejic.

Kembali lagi ke IBL, pria yang akrab disapa Cacing ini termasuk legenda IBL. Dia pernah meraih gelar juara nasional pertama bersama Satria Muda di era Kobatama tahun 1999. Ini juga gelar pertama bagi tim Satria Muda.

Kemudian dia kembali mendapatkan lima cincin juara. Kali ini pada era Kompetisi IBL tahun 2004, 2006, 2007, 2008 dan 2009. Cacing lantas memutuskan mundur dan melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Setelah kembali ke Indonesia, bermain NBL Indonesia membela Aspac, dengan dua gelar juara di musim 2012-13 dan 2013-14. Total delapan cincin juara nasional diraih Cacing sebagai pemain.

Bergeser sebagai pelatih, coach Cacing membawa CLS Knights Surabaya meraih juara IBL 2015-16. Di musim reguler, CLS Knights begitu dominan dengan mencetak rekor 31-2 di musim reguler. Kemudian di Final, mengalahkan Satria Muda dengan keunggulan 2-1 di seri best-of-three. Coach Cacing kemudian pindah ke NSH Jakarta, dan disini dia juga melatih selama dua musim kompetisi.

Musim pertamanya bersama NSH tidak berjalan baik. Mereka menjadi juru kunci dengan hanya menang tiga kali dari 17 pertandingan. Tapi NSH bangkit di musim kedua kepelatihan Coach Cacing. NSH menjadi tim dengan catatan prestasi terbaik kedua dari keseluruhan musim reguler dengan memenangkan 12 kali dari total 18 laga. Tetapi NSH belum bisa berbicara lebih di playoffs.

Keputusan RANS untuk mengambil Wahyu Widayat Jati Cacing sebagai pelatih tentu saja sudah bisa ditebak. Mereka ingin merebut gelar juara di musim depan. Berbekal pengalaman dan tangan dingin dari pelatih barunya. Sementara, Wahyu Widayat Jati mungkin sudah tidak asing dengan persaingan IBL. Karena musim lalu, dia duduk di bench bersama tim Indonesia Patriots, mendampingi Milos Pejic

Artikel Tag: Rans PIK Basketball, Wahyu Widayat Jati

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/wahyu-widayat-jati-resmi-jadi-pelatih-rans-pik
306  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini