Timnas Selandia Baru Undur Diri Dari Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Penulis: Viggo Tristan
Jumat 26 Feb 2021, 23:21 WIB
Timnas Selandia Baru akan absen pada kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Timnas Selandia Baru putuskan untuk mundur dari Kualifikasi Olimpiade Tokyo. (Gambar: Japan Times)

Berita Basket Dunia : Keputusan mengejutkan diambil oleh timnas basket Selandia Baru. Mereka memilih untuk mundur dari kualifikasi Olimpiade Tokyo yang rencananya bakal digelar di Serbia. Badan Pengelola New Zealand (BBNZ) mengatakan bahwa keputusan itu harus diambil mengingat biaya perjalanan yang tergolong tinggi.

Pada tahun ini, Selandia Baru memang harus menjalani beberapa laga kualifikasi turnamen besar seperti World Cup dan Asia Cup dari FIBA. Pengeluaran sendiri sudah cukup banyak agar bisa tampil dalam dua ajang tersebut. Untuk membatasi pendanaan agar tidak berlebihan, kepala BBNZ menyarankan agar timnas fokus pada beberapa turnamen yang penting saja. Alhasil, kualifikasi OIimpiade Tokyo harus dikorbankan agar dana tidak membengkak.

"Kami sudah mempertimbangkan untuk kepentingan tim nasional kami. Kami sudah menimbang risiko terhadap keuangan kami. Meski ada anggaran tambahan atau mendapatkan sponsor, tetap butuh AS$750 ribu untuk berpartisipasi dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo," ucap kepala BBNZ.

Menanggapi keputusan ini, FIBA selaku federasi basket tertinggi dunia langsung bergegas untuk mencari penggantinya. Pilihan mereka jatuh ke tangan Filipina yang dirasa punya kekuatan cukup bagus untuk menggantikan New Zealand.

Filipina akan bergabung dengan Serbia dan Republik Dominika di Grup A. Sementara itu, Grup B akan diisi oleh tiga negara yang tidak kalah hebat seperti Puerto Rico, Itaila dan Senegal. Menurut rencana, turnamen ini bakal dihelat pada tanggal 29 Juni hingga 4 Juli mendatang.

Artikel Tag: olimpiade tokyo, Selandia Baru, FIBA

531  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini