Theysa Nohany Siku Bertekad Ikuti Jejak Harja Jaladri

Penulis: Viggo Tristan
Rabu 03 Mar 2021, 20:40 WIB
Theysa Nohany Siku ingin tiru jejak Harja Jaladri pimpin laga internasional.

Theysa Nohany Siku bertekad bisa jadi wasit di laga internasional. (Gambar: IBL Indonesia)

Berita Basket Indonesia : Indonesia patut bangga punya wasit perempuan yang selalu bekerja keras pada diri Theysa Nohany Siku. Meski belum populer, tetapi Theysa berjanji tidak akan menyerah untuk jadi wasit di kelas internasional.

Saat ini, Theysa Nohany Siku masih memegang lisensi B1 untuk jabatan wasit. Lisensi ini sejatinya sudah cukup bagi Theysa untuk bisa memimpin laga-laga seperti PON dan kompetisi olahraga bola basket tingkat nasional. Namun, hal itu tidak cepat membuat perempuan asal Papua ini berpuas diri. Ia bertekad untuk mengikuti jejak sukses Harja Jaladri yang sudah malang melintang di basket internasional.

“Saya ingin menjadi wasit di pertandingan dunia, bahkan kalau bisa NBA. Saya ingin mengikuti jejak para senior seperti mas Harja Jaladri,” ucap Theysa saat diwawancara oleh media setempat.

Theysa sendiri dari kecil sudah jatuh cinta akan olahraga basket. Pada mulanya, ia sempat ingin menjadi pebasket profesional tetapi terhalang oleh cedera. Akibat cedera itu, wasit adalah pekerjaan alternatif yang dipilih Theysa karena masih berhubungan dengan basket.

“Jadi awalnya saya itu punya cedera, jadi tidak bisa lanjut main basket. Namun, saya tetap ingin berada di dunia basket. Kemudian saya bertemu dengan profesi wasit ini dan bersyukur bisa tetap berada di lapangan, walau dengan peran berbeda,” tukasnya sekali lagi.

Untuk bisa memimpin laga internasional, Theysa harus memiliki lisensi dari FIBA dahulu. Setelah lisensi B1, Theysa harus naik satu tingkat lagi ke lisensi A sebelum akhirnya bisa masuk ke lisensi terakhir dari FIBA.

Artikel Tag: Theysa Nohany Siku, Harja Jaladri, FIBA

425  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini