South Carolina Diunggulkan Menangi Final NCAA Putri 2024 Melawan Iowa

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 07 Apr 2024, 07:55 WIB
Kamilla Cardoso (tengah) adalah center berpostur 6-kaki-7 inci yang menjadi titik fokus di kedua ujung lapangan bagi South Carolina. (Foto: AP)

Kamilla Cardoso (tengah) adalah center berpostur 6-kaki-7 inci yang menjadi titik fokus di kedua ujung lapangan bagi South Carolina. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Pertandingan antara South Carolina (SC) Gamecocks dan Iowa Hawkeyes akan berlangsung pada hari Minggu (7/4) pukul 3 sore waktu setempat di Rocket Mortgage FieldHouse, Cleveland.

Iowa mengalahkan SC 77-73 dalam babak semifinal nasional tahun lalu untuk mengakhiri musim sempurna mereka. Caitlin Clark mencetak 41 poin dalam pertandingan tersebut.

Pertarungan pada hari Minggu ini akan menjamin gelar nasional ketiga bagi South Carolina (2017, 2022) atau gelar pertama bagi Iowa. Iowa kalah dari LSU dalam pertandingan final tahun lalu.

Gamecocks (37-0) menargetkan untuk menjadi tim bola basket wanita Divisi I ke-10 yang tidak terkalahkan dan memenangkan gelar nasional, dan yang pertama sejak UConn Huskies 2015-16 yang memenangkan 38 pertandingan tanpa kalah dan meraih gelar nasional keempat berturut-turut.

Skuad UConn tersebut hanya memenangkan satu pertandingan dengan selisih kurang dari 10 poin sepanjang musim. SC telah memenangkan enam pertandingan dengan selisih kurang dari 10 poin musim ini, termasuk kemenangan ketat 79-75 melawan Indiana di Sweet 16.

Pada hari Jumat, SC mengalahkan NC State 78-59 dalam babak semifinal nasional pertama. Center All-American Kamilla Cardoso memimpin dengan 22 poin dan 11 rebound.

Pertandingan itu ketat di paruh pertama, dengan SC unggul satu poin pada babak pertama. Namun, tim Dawn Staley mencetak 29 poin berbanding 6 poin NC State dalam kuarter ketiga untuk memastikan kemenangan ke-37 mereka musim ini.

South Carolina membuka musim dengan peluang +290 untuk memenangkan gelar nasional di BetMGM dan menjadi favorit -135 untuk memenangkan Turnamen NCAA ketika hasil bracket turnamen diumumkan. Iowa membuka musim dengan peluang terbaik kedua untuk memenangkan gelar nasional, yaitu +600.

Clark mencetak 21 poin dalam kemenangan Hawkeyes 71-69 atas UConn dalam semifinal kedua Jumat. UConn memimpin Iowa 32-26 pada paruh pertama dan berhasil menahan Clark hanya tiga poin dalam dua kuarter pertama.

Namun, Hawkeyes dan Clark memberikan respons di paruh kedua, mengungguli Huskies 45-37. Hannah Stuelke memimpin Iowa dengan 23 poin.

Ketika berbicara tentang South Carolina, sama pentingnya untuk mengetahui siapa yang tidak berada di lapangan seperti halnya siapa yang berada di lapangan. Dengan hanya 40 menit memisahkan Gamecocks dari gelar nasional ketiga mereka, faktor X terbesar tahun ini adalah bahwa sembilan pemain SC bisa menjadi faktor X.

"Mereka menjadi tim terbaik karena kedalaman skuadnya," kata pelatih NC State Wes Moore. "Jadi ini pertandingan yang sulit."

Memang sulit. Karena sementara kebanyakan tim memiliki talenta di bangku cadangan, talenta itu tidak sehebat talenta South Carolina. Dari sembilan pemain dalam rotasi, delapan adalah rekrutan top 15. Selain itu, tim cadangan SC menempati peringkat pertama secara nasional di antara tim terkuat di konferensi, memberikan hampir 34 poin per game.

Dengan seberapa baik South Carolina berbagi bola - dan berbagi menit - setiap pemain memiliki momen mereka. Dalam pertandingan pembuka musim, MiLaysia Fulwiley (dari bangku cadangan) yang tampil luar biasa.

Kamilla Cardoso, center Gamecocks berpostur 6-kaki-7 inci, yang menjadi titik fokus di kedua ujung lapangan, tetapi dalam pertandingan semifinal turnamen SEC, ia melesakkan tembakan tiga angka yang pertama dalam kariernya ketika buzzer untuk menentukan kemenangan.

Melawan Wolfpack di Final Four, Ashlyn Watkins keluar dari bangku cadangan bersama Fulwiley untuk merebut 20 rebound - paling banyak oleh pemain dari bangku cadangan dalam pertandingan Turnamen NCAA dalam 25 musim terakhir. Watkins juga mencetak 8 dari 30 poin dari bangku cadangan melawan Wolfpack dan bermain selama 29 menit, paling banyak dalam tim.

Itulah mengapa kedalaman South Carolina begitu bagus. Baik Anda menjadi starter, maupun Anda bermain 25 menit, harapannya adalah bahwa salah satu dari sembilan pemain ini mungkin menjadi orang yang membuat permainan menentukan atau mengubah permainan menjadi keunggulan Gamecocks.

Bagaimanapun juga, ini adalah program yang sama yang menghasilkan Laeticia Amihere - pilihan ke-8 dalam Draft WNBA 2023 setelah ia hanya menjadi starter dalam empat pertandingan sepanjang karirnya di SC.

Banyak pertanyaan yang berputar di sekitar South Carolina adalah tentang bagaimana Staley akan membangun kembali setelah kehilangan kelas lulusan yang pernah mencatat 129-9 dalam empat musim. Tapi Staley melihat lembaran kosong itu sebagai kesempatan. Di sana ada Cardoso - mimpi buruk bagi setiap lawan - dan Raven Johnson, point guard yang matang siap untuk membawa beban lebih banyak. Di tempat lain, itu adalah teka-teki. Yang disukai Staley.

Struktur dasarnya ada, tetapi semuanya tentang siapa yang bisa bermain paling baik bersama dan bermain melalui Cardoso. Staley berbicara dengan setiap pemain untuk menjelaskan mengapa mereka diberi peran mereka - pemain cadangan atau starter, pertama keluar dari bangku cadangan atau yang keempat.

"Anda berbicara dengan mereka dan membuatnya masuk akal bagi mereka. Anda tidak bohong kepada mereka. Anda tidak menjual impian palsu kepada mereka," kata Staley. "Anda mengatakan: 'Inilah sebabnya mengapa Anda bermain. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak bermain. Inilah sebabnya mengapa orang ini bermain lebih banyak dari Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak. Inilah cara Anda mendapatkan lebih banyak menit.'"

Iowa tahu seperti apa lima pemain starter SC yang akan tampil dalam kejuaraan nasional pada hari Minggu ini, tetapi siapa pun bisa membuat permainan besar atau memulai serangan. Mungkin lebih baik menutup mata dan menunjuk ke nama mana pun dalam daftar pemain.

Artikel Tag: South Carolina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/south-carolina-diunggulkan-menangi-final-ncaa-putri-2024-melawan-iowa
217  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini