PON Papua: DKI Jakarta Raih Emas Usai Kalahkan Sulut di Final

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 09 Okt 2021, 18:34 WIB
Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Saudale di final PON Papua. (Images: IBL)

Pebasket DKI Jakarta, Yesaya Saudale di final PON Papua. (Images: IBL)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket PON: Setelah menanti selama 13 tahun, DKI Jakarta akhirnya berhasil merebut kembali medali emas cabang basket. DKI Jakarta mengalahkan Sulawesi Utara (Sulut) dengan skor 72-57 di final basket PON Papua 2021.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Mimika Sports Complex, Sabtu malam, waktu setempat. DKI Jakarta unggul tiga kuarter. Keunggulan terbesar DKI Jakarta sebanyak 18 poin. Mereka mencetak 40 poin di paint area dan mengumpulkan 60 rebound.

Kelebihan lain dari DKI Jakarta di pertandingan ini adalah bangku cadangan. Kontribusi lini kedua sebesar 41 poin. Patrick Nikolas menyumbang 14 poin dan 13 rebound. Erlan Perkasa menambahkan 10 poin. Sementara dari tim inti, Yesaya Alessandro Michael Joseph Saudale mencetak 14 poin.

"Persiapan selama tiga setengah tahun akhirnya terbayarkan. Kami berhasil membawa pulang medali emas PON," kata Tondi Raja Syailendra, pelatih DKI Jakarta. Pada PON Papua, DKI Jakarta sempat kalah sekali di babak penyisihan. Tim Jawa Tengah yang bisa mencoreng rekor pertandingan DKI Jakarta.

Sayangnya, Jawa Tengah justru pulang dengan tangan hampa setelah kalah dari Jawa Timur, di perebutan medali perunggu. Sebaliknya, tampil di final PON Papua, menjadi momen paling bersejarah bagi tim basket Sulawesi Utara. Mereka menjadi primadona baru di ajang ini. Sulut melaju ke final dengan menumbangkan lawan-lawan berat seperti Bangka Belitung, Jawa Timur, dan terakhir menyingkirkan Jawa Tengah. Namun di babak final, mereka harus mengakui keperkasaan DKI Jakarta.

"Perjuangan anak-anak luar biasa. Kemenangan yang kami dapatkan selama penyelenggaraan PON kali ini tidak mudah," kata Roland Lengkong, pelatih Sulut.

Di partai final, Fernando Manansang mencetak 15 poin, disusul Andrew William Lensun (12 poin), dan Greans Chandra Bartes Tangkulung (11 poin). Sulut gagal mengimbangi permainan DKI Jakarta, terutama di kuarter kedua. Karena sudah tertinggal jauh, mereka tidak mampu mengejar di kuarter ketiga dan keempat.

Artikel Tag: PON Papua 2021, DKI Jakarta, basket

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/pon-papua-dki-jakarta-raih-emas-usai-kalahkan-sulut-di-final
522  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini