Playoff NBA: Singkirkan Nuggets 4-3, Minnesota Timberwolves Ke Final Barat

Penulis: Hanif Rusli
Senin 20 Mei 2024, 12:46 WIB
Anthony Edwards (kiri) dan Karl-Anthony Towns bersalaman merayakan keberhasilan Minnesota Timberwolves maju ke final Wilayah Barat dengan menyingkirkan juara bertahan Denver Nuggets dengan skor 4-3 pada Minggu (19/5).

Anthony Edwards (kiri) dan Karl-Anthony Towns bersalaman merayakan keberhasilan Minnesota Timberwolves maju ke final Wilayah Barat dengan menyingkirkan juara bertahan Denver Nuggets dengan skor 4-3 pada Minggu (19/5).

Ligaolahraga.com -

Anthony Edwards mengatasi awal yang lambat dan Minnesota Timberwolves bangkit dari ketertinggalan 20 poin di paruh kedua untuk menyingkirkan tuan rumah sekaligus juara bertahan NBA Denver Nuggets 98-90 di Game 7 semifinal Wilayah Barat pada Minggu (19/5) malam.

Minnesota Timberwolves mengatasi defisit 15 poin di paruh pertama - comeback terbesar dalam Game 7 dalam sejarah playoff NBA - di belakang Edwards, yang hanya memiliki empat poin, tidak ada rebound dan tiga assist di paruh pertama, tetapi menyelesaikan pertandingan dengan 16 poin, delapan rebound dan tujuh assist.

Pengaruhnya mengungguli tembakannya yang buruk, hanya memasukkan 6 dari 24 percobaan, termasuk 2 dari 10 tembakan tiga angka.

"Itu sulit, bung, karena saya tidak dapat menemukan diri saya sendiri, ritme saya malam ini," kata Edwards. "Jadi saya hanya harus mempercayai rekan-rekan setim saya. Saya hanya harus melakukan permainan yang tepat di sepanjang sisa pertandingan. Saya melakukan itu dan rekan-rekan setim saya membuat tembakan. Tepuk tangan untuk mereka."

Saat Minnesota Timberwolves mengambil alih kendali di akhir pertandingan, berulang kali Edwards mementahkan upaya Jamal Murray, yang mencetak 24 poin saat turun minum dan menyelesaikannya dengan 35 poin.

"Ada lebih banyak cara untuk memenangkan pertandingan bola basket ketika Anda bukan seorang pemain ofensif," kata Edwards. "Saya bukan pemain satu dimensi. Saya bukan hanya seseorang yang bisa mencetak angka. Saya seseorang yang - siapa pun pemain bertahan terbaik mereka, saya bisa meredamnya. Saya merasa saya melakukan hal tersebut pada Jamal di kuarter keempat - di kuarter ketiga dan kuarter keempat - dan itulah yang membalikkan keadaan."

Saat detik-detik berlalu, Edwards menggiring bola ke lapangan dan melambaikan tangan kepada para penonton yang terpana di Ball Arena, di mana rekor kandang 33-8 milik Denver Nuggets musim ini merupakan yang terbaik kedua di liga, tetapi Wolves menang tiga kali di sana dalam seri ini.

Minnesota Timberwolves, yang mendapatkan 23 poin masing-masing dari Karl-Anthony Towns dan Jaden McDaniels, melaju ke final Wilayah Barat untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir. Mereka akan menghadapi Dallas Mavericks mulai Rabu (22/5) malam di Target Center.

"Rasanya luar biasa," kata center Wolves, Rudy Gobert. "Mengalahkan tim seperti mereka, tim yang luar biasa, tim juara, dengan pemain terbaik di dunia, rasanya menyenangkan.

Di balik awal yang fantastis dari Murray, Denver Nuggets melesat untuk unggul 53-38 di paruh pertama dan tembakan tiga angka Murray dengan 10:50 tersisa di kuarter ketiga membuat keunggulan Denver menjadi 58-38.

Minnesota Timberwolves beralih ke pertahanan mereka, yang merupakan pertahanan paling kuat di NBA, untuk kembali ke dalam permainan, dan mereka menutup kuarter tersebut dengan laju 28-9 untuk mendekat 67-66 menuju kuarter keempat.

Gobert memberi Minnesota Timberwolves keunggulan pertama sejak kuarter pertama dengan mencetak angka untuk memulai kuarter keempat dan ketika Towns melakukan pelanggaran kelimanya, Naz Reid, Pemain Terbaik Keenam NBA, tampil spektakuler di kedua sisi lapangan untuk membuat Minnesota tetap unggul

Dalam satu periode krusial yang dimulai dengan Minnesota Timberwolves unggul 85-82, Reid melakukan dua lemparan bebas dan sebuah dunk sebelum memberikan umpan kepada Edwards untuk lemparan tiga angka yang membuat Wolves unggul 92-82 dengan tiga menit tersisa.

Murray, yang tampil dengan performa menembak 4 dari 18 pecobaan dalam kekalahan 115-70 Denver Nuggets di Game 6 - yang terbesar yang pernah terjadi di babak playoff oleh juara bertahan - membuat 13 dari 27 tembakan untuk 35 poin.

Jokic menambahkan 34 poin dengan 19 rebound, namun keduanya tidak banyak membantu karena tidak ada pemain Denver Nuggets lainnya yang mencapai angka dua digit dalam hal poin.

"Begitu banyak beban yang dibebankan kepada mereka," kata pelatih Denver Nuggets, Michael Malone. "Kami mengharapkan Jokic dan Jamal untuk terus mengeluarkan kemampuan mereka, dan seseorang harus memberikan bantuan."

Ini merupakan Game 7 pertama bagi Minnesota Timberwolves sejak mengalahkan Sacramento di putaran kedua tepat 20 tahun sebelumnya. Itu satu-satunya kali mereka mencapai final konferensi.

Denver Nuggets bermain di Game 7 kelima mereka dalam enam musim terakhir dan mencari perjalanan ketiga mereka ke final konferensi dalam rentang waktu tersebut

"Itu adalah seri yang luar biasa," kata Malone. "Mereka memberi kami semua yang bisa kami tangani dan mereka akhirnya memenangkan Game 7 di kandang kami, yang sulit untuk diterima. Namun, kami akan kembali."

Denver Nuggets menjadi juara bertahan kelima secara beruntun yang gagal mencapai final konferensi. Yang terakhir melakukannya adalah Golden State pada 2019 ketika Warriors mencapai Final NBA hanya untuk kalah dari Toronto.

"Satu hal yang terus saya ingat saat ini adalah saya menganggap San Antonio Spurs sebagai sebuah dinasti dan mereka tidak pernah menang secara beruntun," kata Malone. "Jadi kekalahan itu, rasa sakitnya, rasa sakitnya, itu membantu kami memenangkan gelar juara pertama kami. Dapatkah kita menggunakannya tahun ini?"

Murray berpikir demikian. "Tentu saja," katanya. "Kembali menjadi pemburu."

Artikel Tag: minnesota timberwolves, Nuggets

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/playoff-nba-singkirkan-nuggets-4-3-minnesota-timberwolves-ke-final-barat
231  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini