Playoff NBA: Denver Nuggets Gilas Timberwolves 117-90, Perkecil Skor 2-1

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 11 Mei 2024, 14:20 WIB
Jamal Murray mencetak 24 poin saat Denver Nuggets menang 117-90 pada Jumat (10/5) malam untuk memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 di semifinal Wilayah Barat. (Foto: AP)

Jamal Murray mencetak 24 poin saat Denver Nuggets menang 117-90 pada Jumat (10/5) malam untuk memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 di semifinal Wilayah Barat. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Jamal Murray bangkit dari awal yang sulit di semifinal Wilayah Barat dengan mencetak 24 poin untuk memimpin Denver Nuggets menang 117-90 di Game 3 pada Jumat (10/5) malam, menjadikan tuan rumah Minnesota Timberwolves sebagai tim terakhir di NBA yang kalah di babak playoff musim ini.

Nikola Jokic, peraih tiga kali gelar MVP NBA, mencetak 24 poin, 14 rebound dan sembilan assist, Michael Porter Jr mencetak 21 poin dan Denver Nuggets memangkas ketertinggalan dari Minnesota Timberwolves menjadi 2-1 berkat 14 tembakan tiga angka.

Anthony Edwards mencetak 19 poin untuk memimpin Minnesota Timberwolves, yang hanya melesakkan 10 dari 32 tembakan jarak jauh, bahkan ketika Karl-Anthony Towns memasukkan 4 dari 5 percobaan tembakan tiga angkanya.

Mereka gagal memberikan lebih banyak tembakan kepada Towns (14 poin), terlalu sering kehilangan bola saat berusaha keras menuju ring dan bermain lebih lambat dibandingkan dengan yang mereka lakukan pada dua pertandingan pertama di Denver, tertinggal hingga 34 poin di akhir pertandingan.

Game 4 akan berlangsung di Minneapolis pada hari Minggu (12/5) malam.

Denver Nuggets menjadi tim ke-30 dalam sejarah playoff NBA yang kalah dalam dua pertandingan pertama di kandang sendiri dalam seri best-of-seven, menurut penelitian Sportradar. Lima di antaranya berhasil bangkit untuk menang, terakhir kali adalah Los Angeles Clippers pada putaran pertama pada 2021.

"Anda selalu menguji dan mencari tahu tentang sifat manusia dan terbuat dari apa," kata pelatih Denver Nuggets, Mike Malone, yang menunjukkan kepada timnya gabungan analis TV nasional yang menyatakan bahwa seri ini telah berakhir. "Jika hal itu tidak beresonansi dengan Anda sebagai seorang pesaing, saya tidak tahu apa yang akan terjadi."

Ini merupakan langkah maju yang sangat dibutuhkan Denver, menembus batas 100 poin untuk pertama kalinya dalam tiga pertandingan melawan pertahanan terbaik NBA Minnesota Timberwolves.

Murray, yang hanya mencetak 25 poin, hasil 9 dari 32 tembakan dengan nilai minus-38 dalam dua pertandingan pertama dan mendapat denda $100.000 dari NBA karena melemparkan kompres pemanas ke lantai dari bangku cadangan, disoraki habis-habisan setiap kali ia menyentuh bola.

Point guard berwajah batu ini tampil gemilang dalam kombinasi tembakan jumper dan fadeaway yang diawali dengan dribble-handoff, terlihat jelas dengan langkahnya yang lebih bersemangat setelah tiga hari mengistirahatkan otot betis kiri yang tegang yang telah menghambatnya selama beberapa minggu terakhir.

Jokic dan Aaron Gordon membantu menginisiasi serangan Denver Nuggets, meringankan beban penanganan bola pada Murray.

"Rekan-rekan setimnya membebaskannya, namun ia tampil agresif dan memasukkan bola lebih awal," kata Malone. "Saya pikir dia menikmati saat-saat di mana dia menjadi orang jahat."

Sang juara bertahan Denver Nuggets tidak hanya membawa energi yang mereka janjikan akan kembali setelah menghilang di kandang, namun mereka juga melakukan cukup banyak tembakan untuk membantu Minnesota Timberwolves dan rotasi aktif mereka.

Sejauh ini, ini merupakan pertandingan paling berarti yang diadakan di Target Center dalam 20 tahun terakhir sejak Minnesota mengalahkan Sacramento pada Game 7 untuk mencapai final wilayah, dan atmosfer yang riuh sangat sesuai dengan momen bagi para penggemar yang selalu berkecil hati seperti halnya dalam olahraga profesional di Amerika.

Nyanyian "Wolves in four!" yang muncul dari beberapa tim tamu yang percaya diri di tengah-tengah dominasi Game 2 yang memukau di Denver, meledak tepat sebelum tip pembuka dimulai.

Denver Nuggets mengendalikan kebisingan dengan pelan-pelan unggul 28-20 setelah kuarter pertama, keunggulan terbesar mereka dalam seri ini hingga saat ini, dan mereka tidak berhenti di situ. Mereka unggul 20 poin di akhir kuarter kedua.

Minnesota Timberwolves mendapatkan kembali Pemain Bertahan Terbaik NBA Rudy Gobert setelah ia absen di Game 2 karena kelahiran putranya, namun Nuggets mampu mengalirkan bola dengan sangat baik di luar lapangan sehingga lengannya yang panjang tidak terlalu berpengaruh.

Gordon melesakkan dua lemparan 3 poin beruntun dan Porter melesakkan satu lemparan tiga angka pada penguasaan bola berikutnya di pertengahan kuarter ketiga untuk menjadikan skor 72-50 dan menggagalkan reli mini Wolves.

Di awal kuarter keempat, para penggemar Minnesota Timberwolves mulai beranjak dari tempat duduk mereka. Frustrasi dengan akumulasi sempritan wasit terhadap mereka pada malam itu, pemain cadangan Wolves Nickeil Alexander-Walker dan Kyle Anderson masing-masing diganjar dengan pelanggaran teknis saat timeout dengan 5:54 tersisa karena berdebat dengan ofisial.

Artikel Tag: Denver Nuggets, Timberwolves

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/playoff-nba-denver-nuggets-gilas-timberwolves-117-90-perkecil-skor-2-1
241  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini