Playoff NBA: Dallas Mavericks Tundukkan Timberwolves 108-105, Unggul 1-0

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 23 Mei 2024, 10:47 WIB
Luka Doncic (kanan) mencetak 33 poin saat Dallas Mavericks meraih kemenangan 108-105 atas tuan rumah Minnesota Timberwolves pada Game 1 final Wilayah Barat pada Rabu (22/5) malam. (Foto: AP)

Luka Doncic (kanan) mencetak 33 poin saat Dallas Mavericks meraih kemenangan 108-105 atas tuan rumah Minnesota Timberwolves pada Game 1 final Wilayah Barat pada Rabu (22/5) malam. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Luka Doncic mencetak 15 dari 33 poinnya pada kuarter keempat untuk membawa Dallas Mavericks meraih kemenangan 108-105 atas tuan rumah Minnesota Timberwolves pada Game 1 final Wilayah Barat pada Rabu (22/5) malam.

Kyrie Irving mencetak 24 dari 30 poinnya di babak pertama untuk Dallas Mavericks, yang tertinggal 102-98 setelah lemparan tiga angka dari Anthony Edwards dengan 3:37 tersisa sebelum laju 8-0 yang tidak dapat dihentikan oleh Wolves hingga sebuah tip-in dengan 10,5 detik tersisa.

Jaden McDaniels mencatatkan pertandingan ketiga beruntunnya dengan mencetak 20 poin lebih dengan 24 poin untuk Timberwolves.

Namun Edwards - yang diumumkan masuk All-NBA untuk kali pertama sebelum pertandingan, tepatnya di Second Team - tertahan dengan 19 poin dalam upaya tim dari Mavericks.

Karl-Anthony Towns membutuhkan ledakan di menit-menit akhir untuk meraih 16 poin dan menyelesaikan dengan hanya memasukkan 6 dari 20 tembakan.

Kekuatan para pemain bintang dalam seri ini sangatlah kuat, dan untuk malam pertama setidaknya Mavericks mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari duo pemain utama mereka, sedangkan Wolves sangat kesulitan untuk melakukan penyerangan terhadap mereka.

Dallas Mavericks memiliki keunggulan 62-38 dalam hal poin di dalam area paint untuk mengimbangi performa tembakan 3 poin yang buruk (6 dari 25 percobaan).

Towns menjadi "hidup" setelah melesakkan tembakan dari jarak sedang, lemparan lob kepada Rudy Gobert untuk melakukan slam dan tembakan 3 angka dalam kurun waktu 2 menit untuk membawa Wolves kembali memimpin dengan 4:39 menit tersisa dalam laju 10-0 yang diakhiri oleh lemparan 3 angka Doncic.

P.J. Washington, yang mencetak 13 poin dan tujuh rebound, melakukan tembakan dari jarak jauh untuk membawa Mavericks kembali unggul dengan 1:56 tersisa.

Towns mengira dirinya telah menyamakan kedudukan dengan putback dunk pada kesempatan berikutnya, namun hal tersebut dianulir karena adanya gangguan terhadap ring.

Edwards, yang tidak mencetak angka pada kuarter ketiga, menambahkan 11 rebound dan delapan assist.

Tidak ada tim yang memimpin lebih dari sembilan poin. Timberwolves menjadi tuan rumah Game 2 pada Jumat (24/5) malam.

Doncic relatif tenang sampai dia mencetak tujuh poin beruntun selama 63 detik di awal kuarter keempat, dan Dallas Mavericks memperpanjangnya menjadi 13-0 untuk memimpin 97-89 yang akhirnya dihentikan Edwards dengan lemparan tiga angka setelah Kembali melakukan penguasaan bola helter-skelter.

Timberwolves memiliki waktu istirahat dua hari setelah melengserkan juara bertahan Denver dengan kemenangan di Game 7, membalikkan deficit 20 poin untuk memenangkan seri putaran kedua, dan transisi tajam dari gaya Nuggets dan MVP NBA Nikola Jokic yang terarah dan bertenaga ke gaya Mavericks yang mengandalkan pick-and-roll.

Tembakan Irving yang memukau saat melakukan break dan saat melakukan drive memberikan tantangan unik yang tidak dihadapi Wolves dan pertahanan terbaik di liga mereka di paruh pertama, ketika mereka menahan Nuggets dengan rata-rata 85 poin dalam empat kemenangan mereka. Mavericks sering kali melepaskan diri dari penjagaan untuk melakukan dunk yang terbuka lebar.

McDaniels, yang memainkan pertahanan tanpa henti seperti biasanya di daerah perimeter, menjadi katalisator di sisi lain lapangan dengan lima tembakan 3 angka di paruh pertama, namun Towns kesulitan memasukkan bola dan Edwards mendapati jalurnya untuk melaju selalu terhalang.

Dallas Mavericks meningkatkan pertahanan mereka sejak mendatangkan Daniel Gafford dan Washington di tenggat waktu pertukaran pemain, seperti yang dapat dibuktikan oleh sang unggulan utama, Oklahoma City, setelah kalah dalam enam pertandingan di putaran pertama.

Timberwolves memiliki kedalaman yang lebih baik di setiap ronde sejauh ini, dan Kyle Anderson memberikan mereka 11 poin yang sangat penting di paruh pertama.

Naz Reid mencetak 15 poin, termasuk fast-break layup yang diikuti oleh sebuah steal dari penguasaan bola Doncic untuk mempersiapkan lemparan tiga angka dari Edwards di akhir kuarter pertama yang membuat Wolves unggul 33-27 dan membuat para penonton bergemuruh.

Timberwolves dan para penggemar yang sudah lama merasa frustrasi telah mencapai wilayah yang tidak familiar dengan tim yang telah memberikan franchise ini penampilan kedua di final Wilayah Barat.

Dallas Mavericks berada di sini hanya dua tahun yang lalu, namun sebelum Irving tiba. Ia adalah satu-satunya pemain penting dalam seri ini yang memiliki cincin juara, setelah membantu Cleveland memenangkan semuanya pada 2016.

Artikel Tag: dallas mavericks, Timberwolves

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/playoff-nba-dallas-mavericks-tundukkan-timberwolves-108-105-unggul-1-0
256  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini