Playoff NBA: Boston Celtics Tumbangkan Miami Heat 114-94 Di Game 1

Penulis: Hanif Rusli
Senin 22 Apr 2024, 09:54 WIB
Jayson Tatum (tengah) mencatatkan triple-double saat Boston Celtics mengalahkan Miami Heat 114-94 pada hari Minggu (21/4) untuk membuka seri playoff putaran pertama Wilayah Timur. (Foto: AP)

Jayson Tatum (tengah) mencatatkan triple-double saat Boston Celtics mengalahkan Miami Heat 114-94 pada hari Minggu (21/4) untuk membuka seri playoff putaran pertama Wilayah Timur. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Jayson Tatum mencatatkan triple-double pertama dalam kariernya di playoff dengan 23 poin, 10 rebound dan 10 assist untuk memimpin tuan rumah Boston Celtics mengalahkan Miami Heat 114-94 pada hari Minggu (21/4) untuk membuka seri playoff putaran pertama Wilayah Timur.

Derrick White menambahkan 20 poin dan empat assist untuk Boston Cemtics, yang menyelesaikan pertandingan dengan enam pemain mencetak dobel digit angka. Keunggulan Celtics bertambah hingga 34 poin pada kuarter keempat. Miami menggunakan serangan di menit-menit akhir untuk mendekat hingga 14 poin, namun Boston berhasil menutupnya.

"Pertandingan ini seharusnya berjalan sulit. Di babak playoff tidak ada pertandingan yang mudah," kata Tatum. "Tidak ada jaminan kemenangan terlepas dari waktu dan skor, berapa banyak waktu yang tersisa ... Kami hanya harus merespons dan kami melakukannya."

Miami Heat merusak mimpi final NBA Celtics musim lalu, dengan unggul 3-0 di final konferensi dan kemudian menghempaskan mereka di Boston pada Game 7.

Namun Boston Celtics memanfaatkan energi penonton di TD Garden pada hari Minggu, menyamai rekor playoff franchise dengan 22 lemparan tiga angka dan mengungguli Heat 31-14 di kuarter ketiga.

"Ada rentang empat atau lima menit ketika kami tidak menanganinya dengan baik, tetapi saya pikir 42-43 menit lainnya - itulah resepnya," kata pelatih Boston Celtics Joe Mazzulla.

Termasuk musim reguler, Boston Celtics memiliki rekor 38-4 di kandang dan telah memenangkan empat pertemuan terakhir dengan Heat.

Bam Adebayo mencetak 24 poin untuk Miami Heat, yang bermain untuk pertandingan kedua berturut-turut tanpa pemain bintang Butler menyusul cedera lutut kanannya selama babak play-in. Terry Rozier juga masih absen karena cedera leher.

Delon Wright menambahkan 17 poin dan menyamai rekor tertinggi dalam karirnya dengan lima lemparan 3 angka. Jaime Jaquez Jr menyelesaikan dengan 16 poin. Tyler Herro mencetak 11 poin, namun hanya mampu memasukkan 4 dari 13 tembakan dari lapangan, termasuk 2 dari 9 tembakan tiga angkanya.

"Menerapkan tekanan dan membuat segalanya menjadi sulit, tidak benar-benar membuat saya merasa nyaman sejak awal," kata Herro. "Ini adalah satu pertandingan. Kami akan meninggalkannya di belakang kami dan terus melaju."

Game 2 akan berlangsung pada hari Rabu (24/4) di Boston.

Emosi berkobar di menit-menit akhir ketika Caleb Martin menghantam Tatum dalam sebuah upaya rebound dan membuatnya terjatuh dengan keras ke lantai. Brown melabrak di depan wajah Martin setelahnya, yang menyebabkan terjadinya perselisihan singkat dan pelanggaran teknis ganda diberikan pada Brown dan Martin.

"Ini adalah permainan fisik melawan tim fisik. (Hal-hal seperti itu) akan terjadi," kata Tatum. "Ini mungkin bukan yang terakhir kalinya saya mendapat pukulan seperti itu, atau dilanggar dalam seri ini. Saya tidak terluka mendapat pukulan seperti itu. Bangunlah... Turunlah ke sana dan lakukan lemparan bebas."

Miami Heat terdesak di sebagian besar pertandingan, terutama terbatas pada lima rebound ofensif.

Hal itu menjadi penentu kemenangan, kata pelatih Miami Heat, Erik Spoelstra.

"Boston mengendalikan permainan ini sejak awal," katanya. "Mereka memenangkan area-area yang berotot besar. Jelas memenangkan garis 3 poin dan sebagian besar area di antaranya."

Boston Celtics tidak memiliki pemain cadangan Luke Kornet setelah betis kanannya tegang saat latihan pada hari Sabtu. Namun tim Celtics tampil lebih baik tanpa dirinya, dengan menyumbangkan 30 poin.

Pertandingan hari Minggu terasa sangat berbeda tanpa Butler, yang aksi heroiknya di babak playoff menjadi kunci bagi Miami untuk melaju dari babak play-off ke final NBA setahun lalu.

Boston Celtics mengalahkan Miami Heat dalam tiga pertemuan musim reguler musim ini, termasuk kemenangan telak 33 poin di Miami.

Pertandingan hari Minggu menyerupai pertandingan tersebut, dengan Celtics langsung menyerang Heat sejak kuarter pertama.

Pada penguasaan bola pertama, Tatum dijatuhkan pada detik-detik terakhir dalam sebuah percobaan dunk, namun ia berhasil merebut bola yang lepas dan menemukan Brown untuk melakukan tembakan tiga angka.

Setelah kegagalan Miami, Brown melanjutkannya dengan sebuah drive dan gerakan memutar melewati Jaquez Jr untuk melakukan dunk dengan dua tangan.

Itu merupakan bagian dari laju 17-2 yang dilakukan oleh Celtics dalam tiga menit pertama. Miami memulai dengan gagal memasukkan empat tembakan pertamanya sebelum tembakan jumper pendek Adebayo akhirnya menempatkan Heat di papan skor.

Artikel Tag: Miami Heat, Boston Celtics

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/playoff-nba-boston-celtics-tumbangkan-miami-heat-114-94-di-game-1
176  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini