Play-In NBA: Philadelphia 76ers Jungkalkan Miami Heat 105-104

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 18 Apr 2024, 20:34 WIB
Joel Embiid mencetak 23 poin saat Philadelphia 76ers menang 105-104 atas Miami Heat di turnamen play-in Wilayah Timur pada Rabu (17/4) malam. (Foto: AP)

Joel Embiid mencetak 23 poin saat Philadelphia 76ers menang 105-104 atas Miami Heat di turnamen play-in Wilayah Timur pada Rabu (17/4) malam. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Joel Embiid mencetak 23 poin, 15 rebound dan satu assist krusial kepada Kelly Oubre Jr yang membuahkan three-point play untuk membawa tuan rumah Philadelphia 76ers menang 105-104 atas Miami Heat di turnamen play-in Wilayah Timur pada Rabu (17/4) malam.

Philadelphia 76ers membutuhkan semua trik mustahil yang dapat mereka lakukan untuk memiliki kesempatan memenangkan pertandingan play-in pertama mereka dalam sejarah tim.

Nicolas Batum melakukan lemparan tiga angka yang mengubah keadaan. Buddy Hield juga ikut bermain. Bahkan janji nugget ayam gratis sudah cukup untuk menghidupkan kembali semangat dan meredam cemoohan dari para penggemar Philly yang menghujani arena.

Namun pada saat-saat genting, pertandingan menjadi milik Embiid. Selalu Embiid.

Dengan adanya sang MVP NBA di lapangan, 76ers membuktikan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk melaju jauh di babak playoff selama ia berada di dalam lineup.

"Banyak cemoohan," kata Embiid sambil tersenyum. "Kami tetap bersatu. Itu hanya menunjukkan kepada Anda bahwa saya tidak bermain sebaik mungkin, saya tidak mendapatkan posisi saya sepanjang pertandingan hingga kuarter keempat, dan kami masih menemukan cara untuk menang."

Philadelphia 76ers berhasil mendapatkan unggulan No. 7 dan melaju untuk menghadapi unggulan kedua New York Knicks di babak pembukaan playoff Wilayah Timur. Game pertama akan berlangsung pada hari Sabtu (20/4) di Madison Square Garden.

Miami Heat - yang melaju dari turnamen play-in ke Final NBA setahun yang lalu - akan menjamu Chicago Bulls pada Jumat (19/4) malam, dengan pemenangnya akan mendapatkan unggulan No. 8.

Embiid meledak dari yang tadinya tenang di akhir kuarter keempat dan membawa Sixers bangkit dari ketertinggalan 14 poin di babak kedua. Embiid, yang absen dalam 43 pertandingan musim ini dan selesai menjalani operasi lutut kiri, tidak menjadi faktor penting saat Batum dan Hield menjadi pemicu bagi 76ers di babak kedua. Batum mencetak 20 poin.

"Kami memenangkan pertandingan karena mereka," kata Embiid. "Mereka tampil luar biasa dan kami memenangkan pertandingan."

Namun ketika Philadelphia 76ers membutuhkan angka-angka besar, siapa lagi yang bisa membantu mereka selain para pemain besar mereka?

Embiid memasukkan sebuah lemparan 3 angka dengan 2;33 menit tersisa untuk memimpin 93-91 yang membuat para penonton - yang hampir mencemooh Sixers keluar dari gedung pada babak pertama - bersorak hiruk-pikuk. Setelah Sixers membuang keunggulan tersebut, Embiid kembali menjadi penentu kemenangan dengan sebuah lemparan tiga angka untuk memimpin 96-94.

Dengan kedudukan 96-96, Tyler Herro dari Miami Heat disemprit karena melakukan pelanggaran menginjak garis tengah lapangans elagi menguasai bola. Embiid menyelipkan bola ke Oubre di bawah ring untuk memasukkan bola, lemparan bebas dan keunggulan 99-96 yang bertahan sampai akhir.

Philadelphia 76ers memainkan pertandingan ini seperti pertandingan Game 7 - dan dengan alasan yang bagus. Mereka lebih menyukai kesempatan mereka melawan Knicks yang sedang naik daun ketimbang bermain untuk mendapatkan unggulan No. 8 dan menghadapi tim terbaik NBA, Boston Celtics.

Itulah yang akan dihadapi Miami Heat jika mereka dapat keluar dari pertandingan pada hari Jumat dan masuk ke babak playoff dengan format ini untuk musim kedua berturut-turut.

Herro - yang melakukan tembakan 3 angka di detik-detik terakhir sebelum 76ers kehilangan bola di luar batas saat waktu berakhir - menyelesaikan pertandingan dengan 25 poin. Jimmy Butler, yang mungkin terhambat oleh cedera lutut di babak pertama, mencetak 19 poin untuk Miami Heat.

"Kami akan melakukan ini dengan cara yang sulit," kata pelatih Miami Heat Erik Spoelstra. "Itu harus menjadi jalan saat ini. Kami akan beristirahat, merawat diri, saling menguatkan satu sama lain, bersiap-siap untuk hari Jumat. Sekali lagi, rangkullah pertandingan-pertandingan kompetitif ini. Ini akan menjadi pertandingan yang kompetitif di depan para pendukung kami."

Butler melakukan empat steal di babak pertama, dan melakukan dua lemparan bebas setelah ia terpeleset dan terlihat memelintir lutut kanannya, mungkin menjadi alasan mengapa ia hanya mencetak dua poin di kuarter keempat. Butler mengatakan bahwa ia akan menjalani MRI pada hari Kamis.

Philadelphia 76ers bangkit di kuarter ketiga, yang mungkin dipicu oleh promosi ayam cepat saji gratis ketika Miami Heat gagal melakukan lemparan bebas secara beruntun dengan keunggulan sembilan poin.

Dengan penonton bergemuruh untuk pertama kalinya sepanjang malam, Sixers melesat - namun tidak di belakang para pemain yang biasanya. Batum - yang didapatkan dari kesepakatan penukaran James Harden dengan Clippers - malah melakukan tiga lemparan tiga angka di kuarter tersebut yang membuat Sixers hanya berjarak satu angka dari hasil seri sebanyak tiga kali.

Setiap kali, Philadelphia 76ers terhalang, tidak ada yang lebih buruk dari itu ketika Embiid dijegal dalam sebuah drive yang dapat membuat pertandingan berakhir dengan skor 68-68. Kevin Love malah memasukkan sebuah lemparan 3 angka dan Miami Heat memimpin 74-69 di kuarter keempat.

Setelah beberapa tembakan cepat yang membuat mereka unggul lebih awal, Sixers menyerah dan terlihat sangat kebingungan dengan zona pertahanan Miami Heat. Sixers terlihat pasif dan tidak dapat menemukan cara untuk memberikan bola ke dalam kepada Embiid - pemain setinggi 7 kaki ini melambaikan tangannya dengan sia-sia untuk bola yang tidak kunjung datang.

Dan di mana bantuannya? Guard All-Star, Tyrese Maxey - yang mencetak tiga pertandingan dengan 50 poin musim ini - lenyap dan hanya mencetak sembilan poin di babak pertama. Ia mengakhiri pertandingan dengan 19 poin.

Ejekan dari para penggemar Philly sudah terdengar sejak awal, sering kali dan tidak pernah lebih keras daripada ketika Tobias Harris yang sering difitnah meniru permainan bintang Knicks 1990-an, Charles Smith, ketika ia gagal memasukkan empat -- empat! - percobaan tembakan ke ring dalam sekali penguasaan bola.

Harris dibangkucadangkan di menit-menit akhir pertandingan.

Philadelphia 76ers akan membutuhkan Harris untuk bermain mendekati level All-Star di masa mendatang. Namun untuk sebuah pertandingan, Batum dan Hield - dan Embiid yang sangat kuat - sudah cukup bagi Sixers.

"Seperti yang kami rencanakan," ujar presiden klub Philadelphia 76ers Daryl Morey yang tersenyum di ruang ganti.

Artikel Tag: Miami Heat, Philadelphia 76ers

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/play-in-nba-philadelphia-76ers-jungkalkan-miami-heat-105-104
213  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini