Perbasi Gunakan PON untuk Memantau Anak-anak di Daerah

Penulis: Senja Hanan
Rabu 21 Feb 2024, 11:30 WIB
Perbasi Gunakan PON untuk Memantau Anak-anak di Daerah

Perbasi Gunakan PON untuk Memantau Anak-anak di Daerah

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi mengatakan akan jadikan ajang PON sebagai memantau skill dari anak-anak di daerah.

"Kami akan melihat bagaimana mereka bermain, memantau skill (kemampuan) dari anak-anak di daerah. Ya mungkin saja mereka akan kami tarik untuk menjadi pemain timnas," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta.

Nirmala menyebut PON momentum untuk melihat potensi pemain-pemain muda potensial untuk diproyeksikam menjadi generasi penerus tim nasional. Dia juga menilai PON wadah untuk pencarian bakat muda yang akan dilatih atau dipersiapkan dalam berbagai kelompok umur untuk tim nasional. Dia menjelaskan, Pulau Jawa masih menjadi wilayah yang memiliki banyak potensi pemain berbakat berdasarkan kemampuan bermain, karena iklim kompetisi berjenjang dan banyak.

Sementara, anak-anak dari wilayah Indonesia Timur seperti Papua, cenderung memenuhi kriteria pemain berbakat berdasarkan kondisi fisik, seperti faktor tinggi badan yang lebih tinggi dibandinglan dengan rata-rata daerah lain.

"Kalau bicara tinggi badan paling banyak di Papua. Itu karena postur mereka dengan tinggi badan dan tulang mereka yang cenderung lebih kuat itu ada di sana," kata Nirmala.

Meski begitu, Nirmala menegaskan anak-anak dari seluruh wilayah Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga mempunyai kesempatan yang sama untuk berkembang dan bersaing di level nasional. Bahkan, tambah dia, banyak dari anak-anak di luar Pulau Jawa yang termotivasi bersaing di level nasional, sehingga berangkat dari daerah masing-masing untuk meningkatkan kemampuannya melalui iklim kompetisi yang lebih baik.

Artikel Tag: Perbasi, PON

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/perbasi-gunakan-pon-untuk-memantau-anak-anak-di-daerah
219  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini