Perbasi Bakal Fokus Cari Pemain Berdarah Campuran

Penulis: Senja Hanan
Kamis 22 Feb 2024, 20:03 WIB
Perbasi Bakal Fokus Cari Pemain Berdarah Campuran

Perbasi Bakal Fokus Cari Pemain Berdarah Campuran

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Timnas Basket Indonesia pernah sukses dengan pemain berdarah campuran. Maka dari Perbasi bakal fokus cari pemain berdarah campuran.

Pemain berdarah campuran yang sudah sukses dan menjadi andalan timnas basket putra Indonesia adalah Derrick Michael Xaverio dan Brandon Jawato. Kedua pemain itu menjadi andalan Indonesia saat merebut medali emas di SEA Games Vietnam 2021.

"Bila membutuhkan tambahan pemain, kami lebih fokus kepada potensi anak-anak berdarah campuran yang ada di luar negeri, jadi kami mendahulukan itu daripada naturalisasi pemain yang sama sekali asing," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, pemain berdarah campuran diyakini akan lebih tepat untuk didatangkan, guna menambah daya saing timnas dalam berkompetisi di kancah internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Namun, lebih lanjut dia menjelaskan, aktivitas itu bukan menjadi hal utama untuk dilakukan guna meningkatkan prestasi timnas, karena tetap yang paling prioritas adalah memaksimalkan kemampuan pemain yang sudah ada.

Bahkan, khusus untuk persiapan SEA Games pada tahun depan, Perbasi masih optimistis dengan skuad yang sudah ada saat ini. Menurut dia, jika memang diperjalanan dalam pembinaan pemain hasilnya belum maksimal, maka mendatangkan pemain berdarah campuran menjadi pilihan pertama dibanding naturalisasi.

Nirmala mengungkapkan, pertimbangan utama untuk mendatangkan pemain muda berdarah campuran adalah dengan melihat aspek postur badan atau tinggi yang harus di atas rata-rata pemain di Asia. Selain itu, sambung dia, kemampuan (skill) bermain harus sesuai dengan yang dibutuhkan timnas, sehingga akan memaksimalkan skuad yang sudah ada.

"Postur badannya sudah berbeda, dia (pemain berdarah campuran) juga di luar negeri bermain basket di sekolahnya, dan memang dia ikut klub basket, jadi itu bisa kami datangkan jika memang skill-nya layak," ujar Nirmala.

Artikel Tag: Timnas basket Indonesia, Perbasi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/perbasi-bakal-fokus-cari-pemain-berdarah-campuran
225  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini