Pemain New Orleans Pelicans CJ McCollum Alami Paru-Paru Kolaps Kanan

Penulis: Hanif Rusli
Senin 06 Nov 2023, 07:34 WIB
Ini kedua kalinya CJ McCollum harus berurusan dengan pneumotoraks, pernah didiagnosis saat memperkuat Portland Trail Blazers pada Desember 2021. (Foto: X.com)

Ini kedua kalinya CJ McCollum harus berurusan dengan pneumotoraks, pernah didiagnosis saat memperkuat Portland Trail Blazers pada Desember 2021. (Foto: X.com)

Ligaolahraga.com -

Dalam sebuah kabar cedera yang cukup memprihatinkan, New Orleans Pelicans mengungkapkan bahwa pemain guardCJ McCollum didiagnosa mengalami paru-paru kolaps atau "pneumotoraks" dalam istilah medisnya.

Menurut laporan medis yang dirilis oleh Pelicans, McCollum menjalani pencitraan pada hari Minggu (5/11) pagi, yang mengungkapkan "pneumotoraks kecil" di paru-paru kanannya. Tim tidak memberikan informasi tambahan tentang masa pemulihan dan perawatannya, hanya mencatat bahwa McCollum akan dievaluasi dalam dua hari ke depan sebelum mereka merilis lebih banyak informasi tentang kondisinya.

"New Orleans Pelicans hari ini mengumumkan bahwa guard CJ McCollum telah didiagnosa menderita pneumotoraks kecil di paru-paru kanannya setelah dilakukan pencitraan medis pagi ini. Pemeriksaan tambahan akan dilakukan dalam 48 jam ke depan untuk mengetahui perkembangan penyembuhannya. Informasi lebih lanjut akan diberikan setelah pemeriksaan," kata Pelicans.

Ini tentu saja merupakan kabar yang mengkhawatirkan bagi Pelicans dan CJ McCollum. Bagaimanapun, pneumotoraks adalah kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan yang dapat membatasi McCollum untuk bermain bola basket selama beberapa waktu.

Pneumotoraks digambarkan sebagai paru-paru yang mengalami kolaps, yang "terjadi ketika udara bocor ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada," menurut Mayo Clinic. Tergantung pada tingkat keparahan masalahnya, hal ini juga dapat membahayakan nyawa seseorang.

"Udara ini mendorong bagian luar paru-paru Anda dan membuatnya runtuh. Pneumotoraks dapat berupa kolapsnya paru-paru secara keseluruhan atau kolapsnya sebagian paru-paru saja," lanjut Mayo Clinic.

"Pneumotoraks dapat disebabkan oleh cedera tumpul atau tembus dada, prosedur medis tertentu, atau kerusakan akibat penyakit paru-paru yang mendasarinya. Atau mungkin terjadi tanpa alasan yang jelas. Gejalanya biasanya berupa nyeri dada yang tiba-tiba dan sesak napas. Pada beberapa kesempatan, paru-paru yang kolaps bisa menjadi peristiwa yang mengancam jiwa."

The Pelicans mencatat bahwa pneumotoraks yang dialami CJ McCollum berukuran kecil, sehingga dapat diasumsikan tidak parah. Namun, sampai rincian lebih lanjut tentang kondisinya terungkap, basis penggemar New Orleans memiliki banyak alasan untuk khawatir.

Namun, meski begitu, McCollum tampaknya berada dalam kondisi yang baik secara mental meskipun ada kabar terbaru tentang cedera.

Setelah berita mengenai kondisinya terungkap, sang bintang Pelicans mengunggah ulang sebuah gambar di X (sebelumnya Twitter) yang menunjukkan dirinya sedang memompa dadanya bersamaan dengan kabar terbaru mengenai paru-paru kanannya yang kolaps.

CJ McCollum tidak bisa menahan tawa melihat gambar tersebut mengingat kondisi cederanya, dengan menulis: "Ini adalah foto yang gila untuk diunggah bersama berita."

McCollum belum membahas tentang kondisinya sendiri, tetapi jelas tidak terlihat bahwa ia merasa terganggu dengan hal itu. Mungkin setelah evaluasi dalam 48 jam ke depan dan ketika ada informasi lebih lanjut mengenai kondisinya, dia dan Pelicans akan langsung berbicara mengenai masalah ini.

Semoga saja, CJ McCollum dapat pulih lebih cepat daripada nanti. Terlepas dari bola basket, tidak ada yang ingin melihat seorang atlet seperti McCollum menderita kondisi yang mengancam nyawa.

McCollum masih dapat bermain pada hari Sabtu (4/11) melawan Atlanta Hawks, jadi diagnosis cederanya jelas merupakan sebuah kejutan besar. Dia juga memiliki musim yang hebat bersama Pelicans, dengan rata-rata 21,7 poin, 4,8 rebound, 5,7 assist dan 1,5 steal per pertandingan, semuanya sambil menembak 44,0 persen dari lapangan dan 38,0 persen dari dalam.

Ini adalah kedua kalinya dalam karier McCollum di mana ia harus berurusan dengan pneumotoraks. Dia pernah didiagnosis saat memperkuat Portland Trail Blazers pada Desember 2021. Saat itu, tim mengatakan bahwa ia telah pulih sepenuhnya 2 1/2 minggu setelah diagnosis awal, tetapi ia tidak kembali bermain selama tiga pekan setelahnya.

Secara total, McCollum melewatkan 18 pertandingan pada musim itu. Dia kembali pada 17 Januari 2022, dan ditukar ke Pelicans tiga pekan kemudian.

New Orleans menghadapi banyak pemain yang absen di awal musim ini. Tim ini masih belum dapat memainkan Trey Murphy (meniskus kiri), Jose Alvarado (keseleo pergelangan kaki kanan) dan Naji Marshall (memar lutut kanan).

Brandon Ingram juga absen dalam tiga pertandingan karena tendinitis lutut kanan, namun telah kembali pada hari Sabtu lalu melawan Atlanta.

Artikel Tag: C.J McCollum

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/pemain-new-orleans-pelicans-cj-mccollum-alami-paru-paru-kolaps-kanan
342  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini