Pau Gasol Resmi Bergabung dengan FC Barcelona Basquet

Penulis: Mochammad Muaz
Rabu 24 Feb 2021, 11:45 WIB
Pau Gasol siap kembali ke lapangan. (Gambar: MARCA)

Pau Gasol kembali bersama Blaugrana. (Gambar: MARCA)

Berita Euroleague: Pau Gasol akhirnya pulang ke rumah.

Ia mengumumkan pada hari Selasa bahwa ia akan meneken kontrak untuk kembali bermain bersama FC Barcelona bergabung dengan tim tempat ia mengawali karir profesionalnya lebih dari 20 tahun yang lalu.

Gasol adalah All-Star enam kali, dengan sepasang trofi juara NBA yang ia menangkan bersama Kobe Bryant dan Los Angeles Lakers di lemari pialanya. Sang pemain berusia 40 tahun yang memang kelahiran Barcelona itu terakhir kali tampil di NBA pada tanggal 10 Maret 2019, mengenakan seragam Milwaukee Bucks.

“Saya sangat senang kembali ke tim tempat saya memulai semuanya, dan saya antusias menyambut kesempatan baru ini,” tulisnya dalam unggahan di media sosial. Saya harap saya bisa berkontribusi untuk tim utama secepat mungkin. Saya ingin berterima kasih pada Barca dan staf teknisnya yang memudahkan saya untuk bergabung bersama tim.”

Gasol menjalani debutnya bersama Barcelona pada musim 1998-98, dan merupakan bagian dari tim yang memenangkan dua trofi kejuaraan Liga ACB – kasta tertinggi bola basket Spanyol – dalam tiga musim. Kemudian ia hijrah ke Amerika Serikat dan terpilih di urutan ketiga dalam NBA Draft 2001 oleh Memphis Grizzlies, di mana ia meraih penghargaan Rookie of the Year sebagai pemain debutan terbaik di akhir musim 2001-02.

Bersama tim nasional La Roja, ia memenangkan tiga medali olimpiade dan merupakan bagian dari tim yang memenangkan kejuaraan dunia FIBA, yang kini dinamai Basketball World Cup, pada tahun 2006 bersama sang adik yang kini juga veteran NBA Marc Gasol.

Dalam dua tahun terakhir, mantan bintang Lakers itu kerap dihantui cedera kaki, namun pengumuman pada hari Selasa tersebut mengindikasikan bahwa ia yakin bahwa dirinya sudah siap untuk kembali bermain.

“Saya ingin menggunakan keahlian dan pengalaman saya untuk klub di momen-momen krusial musim ini, sambil mencapai kemajuan dalam kondisi fisik saya dan menyesuaikan diri dengan ritme kompetisi,” ucapnya.

Sang pemain bertinggi 216 cm itu memiliki catatan rata-rata 17 poin dan 9.2 rebound per pertandingan dalam 1,226 laga di NBA bersama lima tim, termasuk Chicago Bulls dan San Antonio Spurs.

Artikel Tag: Pau Gasol, Euroleague, FC Barcelona Basquet

350  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini